Manasik Haji Diharapkan Bisa Melahirkan Generasi Emas Religius

DELI SERDANG (Portibi DNP): Penyelenggaraan Manasik Jaji Akbar Kabupaten Deli Serdang yang dilaksanakan Ikatan Guru Diniyah Takmiliyah (IGDT) Kabupaten Deli Serdang, memberi pendidikan spiritual keagamaan kepada anak-anak dan diharapkan akan melahirkan generasi emas yang religius.

Pesan ini disampaikan Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan dalam sambutannya di acara Manasik Haji Akbar ke-10 IGDT Kabupaten Deli Serdang, Minggu (12/2/2023) di Alun-alun Pemkab Deli Serdang yang diikuti sekitar 5.000 peserta.

Lebih jauh dikatakan Bupati, esensi manasik haji tidak hanya untuk memperkenalkan rukun Islam kelima dan tata pelaksanaannya, namun juga memberi pengetahuan sekaligus menanamkan tentang nilai-nilai tauhid dan syariat.

“Sehingga di usia dini telah tertanam pada mereka tentang bagaimana pelaksanaan ibadah haji dan diharapkan dapat menjadi pendorong untuk mereka melaksanakan ibadah haji pada saatnya nanti,” ungkap Bupati.

Bupati mendoakan, semoga pada saatnya nanti dapat melaksanakan ibadah haji di tanah suci.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang, saya menyampaikan terima kasih kepada IGDT Kabupaten Deli Serdang yang telah menginisiasi terselenggaranya manasik haji Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDTA) ini. Semoga upaya kita dalam mewujudkan masyarakat Deli Serdang yang religius dengan meningkatkan keimanan dan ketakwaan anak-anak kita dapat diridhai Allah subhanahu wa taala,” harap Bupati.

Sementara itu, Ketua IGDT Deli Serdang, H Khairul Anwar MA MSi dalam laporannya mengemukakan pelaksanaan manasik haji merupakan implementasi dari pembelajaran anak-anak di sekolah. Hal itu itu adalah pelajaran fiqih haji dan umroh. Manasik haji ini merupakan praktik langsung dari teori yang diterima di kelas.

“Kita berharap cikal bakal anak-anak yang kita berikan ilmu pengetahuan, kita bimbing ibadah mereka, kita tanamkan akhlakul karimah, nantinya bisa menjadi insan-insan yang akan mendukung visi misi Pemerintah Kabupaten Deli Serdang yang maju dan sejahtera dengan masyarakatnya yang religius dan rukun dalam kebhinekaan,” harapnya.

Hal itu, sambung Ketua IGDT Deli Serdang, tentu tidak bisa terwujud dengan sendirinya tanpa proses yang memang mesti dipersiapkan untuk suksesnya visi misi tersebut.

“Dari awal bagaimana kami bisa memberikan yang terbaik kepada anak-anak kami karena perhatian yang luar biasa dari pemerintah Kabupaten Deli Serdang,” utaranya.

Hadir pula di acara itu, Kepala Kantor (Kakan) Kementerian Agama (Kemenag) Deli Serdang, Drs H Abdul Haris Harahap MAP; Pasiter Kodim 0204/DS, Kapt Inf E Mendorfa; anggota Fraksi Demokrat DPRD Deli Serdang, Dra Wastiana Harahap MAP; Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Deli Serdang, H Timur Tumanggor SSos MAP; Asissten I Pemkab Deli Serdang, Drs Citra Efendi Capah MAP; Kepala Inspektorat Deli Serdang, Edwin Nasution SH; Kadis Pendidikan, Yudi Hilmawan SE MM; Kadis Arsip dan Perpustakaan, Mukti Ali Harahap SAg; Kadis Budporapar, H Khoirum Rizal ST; Kadis Kominfostan, Dr Dra Hj Miska Gewasari MM; Kadis Cipta Karya Tata Ruang, Rachmadsyah ST; Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat ( Kabag Kesra ), Drs. Syahrul MPd; Ketua MUI Deli Serdang, Kyai H Amir Panatagama SPd; Ketua Baznas Deli Serdang, H Surya; Ketua Al Washliyah Deli Serdang, M Sholeh SAg.PD04

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Email
Print

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Usai Sudah Kita Nyoblos..


Bolo : Bersatulah kita membangun bangsa..

 

Kebiasaan yang sudah ada bersatu kita teguh..


Bolo : Jadi semboyan hidup agar maju menuju Indonesia Emas 2045