Unimed Sosialisasi UTBK SNBT 2024, Kuota 5.032 Mahasiswa

Foto: Dekan FIK Unimed

MEDAN(Portibi DNP): Universitas Negeri Medan (Unimed) menggelar sosialisasi Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 2024 di Aula Lantai 4 Digital Library kampus itu, Kamis (7/3/2024).

 

Sosialisasi yang juga dapat disaksikan bagi calon mahasiswa melalui kanal Youtube Unimed Official itu diikuti para guru Bimbingan Konseling serta siswa perwakilan SMA, SMK, MAN di Medan dan Deli Serdang. Tampil sebagai

narasumber di kegiatan itu Dekan FIK Unimed Prof Dr Imran Akhmad M.Pd, Kepala Humas Unimed Dr Muhammad Surip SPd MSi sebagai moderator.

 

“Penerimaan mahasiswa baru ini menawarkan berbagai program studi yang berkualitas, termasuk prodi-prodi terbaik di Unimed dan semua PTN di Indonesia,” kata Wakil Rektor IV Prof Dr Erond Litno Damanik SPd MSi saat membuka kegiatan tersebut.

 

Ia menuturkan, mahasiswa baru akan diberikan peluang untuk memilih program studi yang paling sesuai dengan minat dan bakat mereka. Menurutnya, sosialisasi ini tentu sangat membantu masyarakat dalam mencari informasi lebih valid tentang Unimed dan perguruan tinggi negeri pilihan lainnya.

 

Sementara Dr M Surip MSi memaparkan mengenai daya tampung dan juga peminat di Unimed pada tahun ini.

 

Ia menyebut, daya tampung Unimed pada 2024 ini sebanyak 10.062 mahasiswa baru. Jumlah itu terdiri dari jalur SNBP (Seleksi Nasional Berbasis Prestasi) sebanyak 2.645 orang (26 persen), jalur UTBK-SNBT sebanyak 5.032 orang (50 persen), dan jalur Seleksi Mandiri sebanyak 2.385 orang (24 persen).

 

“Saat ini semua siswa yang mendaftar jalur SNBP 2024 di PTN pilihan sedang berdoa dan menunggu pengumuman jalur SNBP yang akan diumumkan pada 26 Maret 2024, pukul 15.00 WIB,” kata Dr Surip.

 

Ia mengatakan, untuk pendaftaran jalur UTBK-SNBT akan dibuka pada 21 Maret sampai 5 April 2024. Pelaksanaan Ujian UTBK Gelombang I akan dilaksanakan pada 30 April dan 2 hingga 7 Mei 2024.

Selanjutnya untuk pelaksanaan ujian UTBK Gelombang II akan dilaksanakan pada 14 – 20 Mei 2024.

 

Pengumuman hasil jalur SNBT akan disampaikan secara online pada 13 Juni 2024, pukul 15.00 Wib. Informasi selengkapnya bisa di akses di laman https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.

 

Sebelumnya, Prof Dr Imran Akhmad MPd menerangkan mengenai portofolio dan apa saja yang harus ditampilkan di prodi Olahraga. Selain itu, ia juga menyebut prestasi siswa dan piagam dalam bidang olahraga dapat menjadi berkas pendukung dalam menentukan kelulusan di prodi ini.

 

“Komposisi nilai portopolio dan nilai prestasi akademik peserta memiliki bobot penilaian yang sama besar, yaitu bobot nilai portopolio 50 persen dan bobot nilai prestasi akademik 50 persen,” pungkasnya. P07

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Email
Print

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

-Lapor Pak  Kapoldasu, tambang ilegal disepanjang Sungai Batang Natal masih beroperasi..

-Bolo: Sikat aja pak, Tentu kita dukung

 

-Masih marak judi, aparat penegak hukum harus beraksi

Jangan Pandang bulu pak, hajar…