Massa Demo Desak Kejati Sumut Usut Dugaan Korupsi Kadis Pendidikan Batubara Periode 2020-2021

 

MEDAN(Portibi DNP):Puluhan massa mengatasnamakan Rumah Peradaban (Rumban) Sumatera Utara (Sumut) menggelar demonstrasi di depan Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) pada Kamis (12/10/2023) terkait dugaan tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara, IS, selama masa jabatannya tahun 2020-2021.

Koordinator Rumban Sumut, Yudi Pratama menjelaskan, hasil investigasi menunjukkan adanya dugaan tindak pidana korupsi senilai Rp10.358.417.017 pada beberapa realisasi kegiatan dinas pendidikan di Kabupaten Batu Bara selama periode tersebut.

“Dari hasil investigasi yang dilakukan terhadap beberapa realisasi pada kegiatan dinas pendidikan kabupaten Batu Bara tahun 2020-2021, kuat dugaan adanya tindakan pidana korupsi yang dilakukan Ilyas Sitorus dengan nilai sebesar Rp10.358.417.017,” kata Yudi.

 

Para pendemo juga menyoroti dugaan anggaran fiktif pada perjalanan dinas yang dilakukan oleh IS. Mereka mengklaim bahwa ada dugaan korupsi dalam anggaran perjalanan dinas tahun anggaran 2020-2021 sebesar Rp198.000.000. Hal ini memunculkan kecurigaan karena pada tahun itu terjadi pandemi Covid-19 dan Pemerintah Kabupaten Batu Bara menerapkan kebijakan lockdown.

 

“Dugaan korupsi perjalanan dinas tahun anggaran 2020-2021 senilai Rp198.000.000. Padahal kita tau, tahun itu mengalami pandemi Covid-19 dan pemerintah Kabupaten Batu Bara melakukan lockdown, sehingga kami menduga anggaran perjalanan dinas tersebut adalah fiktif,” terangnya.

 

Salah seorang perwakilan dari Kejatisu, Elisabet Panjaitan, meminta massa untuk melaporkan kasus ini secara resmi. Mereka diarahkan untuk mengajukan laporan ke Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kejatisu, dengan harapan agar proses penyelidikan dapat berjalan dengan lancar.

 

“Terkait yang telah kalian sampaikan ini kiranya dapat melaporkan ke Kejatisu. Silahkan laporkan ke Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kejatisu,” ungkapnya.P06

 

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Email
Print

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hati hati pak, mantan koruptor yang mainkan peran perpolitikan di Sumut dibelakang layar..

-Bolo: Bah sembunyi di dalam terang, sakitnya tak seberapa, malunya ini .

 

 

-Lapor Pak  Kapoldasu, tambang ilegal disepanjang Sungai Batang Natal masih beroperasi..

-Bolo: Sikat aja pak, Tentu kita dukung

 

-Masih marak judi, aparat penegak hukum harus beraksi

Jangan Pandang bulu pak, hajar…