H-11 Hari Pers Nasional 2023, Sudah Sejauh Mana Persiapan Sumatera Utara?

FOTO: Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Ilyas S Sitorus mendampingi Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menjawab pertanyaan wartawan di Rumah Dinas Gubernur Sumut, baru-baru ini.  (DISKOMINFO SUMUT/Dokumen)

MEDAN(Portibi DNP): Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 tinggal menghitung hari, 7 Februari event besar nasional ini akan dimulai di Sumatera Utara (Sumut). Sudah sejauh mana persiapan Sumut  menyambut event besar dan bersejarah ini?

Menurut keterangan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Provinsi Sumut Ilyas S Sitorus, persiapan sudah hampir rampung. Salah satu yang perlu mendapat perhatian adalah akomodasi penyelenggaraan HPN 2023, mengingat ribuan tamu akan menghadiri acara ini.

“Persiapan sudah hampir rampung, yang cukup menyita perhatian kita salah satunya adalah akomodasi seperti penginapan dan tempat penyelenggaraan acara karena rangkaian kegiatannya cukup panjang dari 7-9 Februari,” kata Ilyas S Sitorus saat ditemui di Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Sudirman Nomor 41, Medan, Kamis (26/1).

Ada berbagai kegiatan yang diagendakan pada HPN 2023. Dimulai Selasa 7 Februari dengan kegiatan workshop digital di Kampus USU, Seminar dan workshop Adinegoro dan Media Sustainability di Hotel Grand Mercure Medan, Anugerah Kebudayaan di Hotel Santika Dyandra Medan, serta program Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) di Hotel Khas Parapat.

Rabu, 8 Februari digelar seminar internasional Trade, Tourism, and Investment Forum for North Sumatera di Hotel Adimulia, Konvensi Media Massa di Ballroom Hotel Grand Mercure, Seminar Olahraga dan Rakernas di Hotel Santika Dyandra. Kemudian seminar Dana Perimbangan Pusat dan Daerah di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro Nomor 30, Medan.

Acara puncak sendiri akan digelar pada 9 Februari di Gedung Serbaguna Jalan Pancing dan di tempat ini juga diadakan pameran HPN, tepatnya di Astaka Utama. Pameran akan menunjukkan perkembangan pers Indonesia selama tiga abad. Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan akan menghadiri HPN 2023 pada acara puncaknya, 9 Februari 2023.

“Kegiatannya sangat padat dan Presiden juga dijadwalkan hadir, kita sudah disusun dengan baik termasuk venue-venue yang sudah kita pilih, sekarang kita tinggal menyempurnakannya, sehingga event besar ini berjalan lancar sesuai dengan harapan,” kata Ilyas.

Dinas Komunikasi dan Informatika juga menyiapkan aplikasi digital yang akan mempermudah tamu dan peserta mengakses berbagai informasi terkait HPN. Selain itu, Diskominfo  Sumut juga menyiapkan website resmi HPN https://hpn.sumutprov.go.id/frontend/ untuk mempermudah seluruh masyarakat mengakses informasi terkait event ini.

“Untuk mempermudah akses informasi kita membuat aplikasi yang bisa digunakan untuk melihat data peserta seperti tempat menginap, jadwal kegiatan lengkap, bahkan kartu peserta juga dalam bentuk digital di aplikasi tersebut, semua informasi yang dibutuhkan peserta kita suguhkan di aplikasi tersebut,” kata Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Publik (PIP) Diskominfo Sumut Iwan Sutani Siregar. P08

 

 

 

 

 

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Email
Print

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

-Lapor Pak  Kapoldasu, tambang ilegal disepanjang Sungai Batang Natal masih beroperasi..

-Bolo: Sikat aja pak, Tentu kita dukung

 

-Masih marak judi, aparat penegak hukum harus beraksi

Jangan Pandang bulu pak, hajar…