Usai Resmikan KriyaNusa, Ibu Negara Kunjungi Stand Dekranasda Medan 

Jakarta (Portibi DNP) : Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Medan mengikuti Pameran Kerajinan Nusantara (KriyaNusa) di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan Jakarta, Rabu (13/9/2023).

Event ini digelar untuk melestarikan, mengembangkan dan mempromosikan keragaman produk kerajinan Indonesia. Karenanya KriyaNusa diharapkan menjadi wadah bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) serta perajin di Tanah Air guna memamerkan produk-produk unggulan mereka.

Ketua Dekranasda Kota Medan Kahiyang Ayu M Bobby Afif Nasution didampingi Wakil Ketua Dekranasda Ismiralda Wiriya Alrahman memimpin langsung Tim Dekranasda Kota Medan tersebut. Ibu Negara Iriana Joko Widodo meresmikan KriyaNusa yang ditandai dengan pemukulan rebana.

Peresmian event yang digelar rutin setiap tahun ini dan berlangsung mulai 13-17 September 2023 tersebut, turut dihadiri Ketua Umum Dekranas Wuri Ma’ruf Amin, ibu-ibu yang tergabung dalam Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM), pengurus Dekranas dan  Dekranasda Provinsi serta Kabupaten/Kota se-Indonesia tersebut.

Peresmian KriyaNusa juga dimeriahkan dengan fashion show. Bahkan, Kahiyang Ayu ikut serta dalam fashion show tersebut dengan mengenakan pakaian dari Ulos Toba bersama dengan pengurus Dekranasda se-Indonesia serta ibu-ibu OASE KIM.

Sebelumnya, Ketua Umum Dekranas Wuri Ma’ruf Amin mengatakan, penyelenggaraan KriyaNusa kali ini, mengusung tema “Kriya Unggul Indonesia maju.” Tema ini, jelasnya, menggambarkan visi Dekranas untuk menjadikan produk kriya Indonesia terus berkembang dan dapat menjadi komoditas unggulan yang memiliki daya saing global.

“Pameran ini adalah wadah yang tepat untuk mempromosikan karya-karya para pengrajin Indonesia yang mengagumkan sekaligus mengembangkan kekayaan budaya indonesia. Kriya bukan hanya sekedar seni atau kerajinan tangan tetapi juga merupakan cerminan dari kreativitas, kecerdasan dan ketekunan masyarakat kita. Para perajin memiliki pengetahuan dan keterampilan tradisional yang telah diuji dan disempurnakan selama bertahun-tahun,” jelas Wuri.

Selanjutnya, Wuri berharap kepada seluruh yang hadir agar terus mendukung program pemerintahan yaitu Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

Dikatakannya, rasa bangga buatan Indonesia perlu ditanamkan mulai usia dini dan perlu terus digalakkan untuk menciptakan kesadaran, kecintaan dan kebanggaan hingga akhirnya mau menggunakan produk lokal.

“Saya berharap dengan semangat kolaborasi yang terbina, produk kriya nasional semakin unggul dan mampu menjadikan pameran KriyaNusa sebagai ikon pameran kerajinan terbesar di Asia dan bahkan di dunia, harapnya.

Usai peresmian, Ibu Negara didampingi Ketua Umum Dekranas serta ibu-ibu OASE KIM mengunjungi stand Dekranasda Kota Medan. Setelah itu, Pj Dekranasda Provinsi Sumut Dessy Hassanudin juga mengunjungi stand Dekranasda Kota Medan dan membeli songket.P06

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Email
Print

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

-Lapor Pak  Kapoldasu, tambang ilegal disepanjang Sungai Batang Natal masih beroperasi..

-Bolo: Sikat aja pak, Tentu kita dukung

 

-Masih marak judi, aparat penegak hukum harus beraksi

Jangan Pandang bulu pak, hajar…