Jelang Natal dan Tahun Baru, Pemko Medan Perkuat Fungsi Trantib

MEDAN (Portibi DNP) : Dalam menyambut perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, (Pemerintah Kota (Pemko) Medan meningkatkan fungsi Trantib yang ada di Kecamatan dan Kelurahan.

Tujuannya guna menjaga Ketentraman dan Ketertiban Umum serta Perlindungan Masyarakat (Trantibumlinmas) di kota Medan.

Hal tersebut disampaikan dalam rapat koordinasi kesiapan menjaga Trantibumlinmas di Kota Medan. Rapat dipimpin Wali Kota Medan, Bobby Nasution diwakili Asisten Administrasi Umum Setda Kota Medan, Ferri Ichsan di Balai Kota, Jalan Kapten Maulana Lubis No 2 Medan Jum’at (15/12/2023).

Dihadapan para peserta rapat seperti Kepala Seksi Trantib Kecamatan dan Kelurahan se-Kota Medan, Ferri Ichsan mengatakan, rapat bertujuan untuk lebih memperkuat fungsi dari trantibum.

Sebab menurutnya jabatan Kasi Trantib yang ada di Kecamatan dan Kelurahan seharusnya menjadi mata dan telinga Pemko Medan yang memiliki tanggung jawab dalam mendeteksi dini dan mencegah timbulnya hal-hal yang dapat mengganggu ketentraman dan ketertiban umum.

“Sebagai Kepala Seksi yang menjabat  fungsi Trantib harus mengetahui tugas pokoknya, karena sebuah kota dikatakan baik apabila kota tersebut dalam kondisi aman, tertib dan nyaman bagi masyarakat,”kata Ferri.

Disamping itu, Ferri juga mengatakan, ditengah pembangunan infrastruktur kota yang secara masif terus dilakukan Wali Kota Medan, Bobby Nasution, peran Kasi Trantib sangat penting untuk mensosialisasikan pembangunan ini kepada masyarakat agar masyarakat mengetahuinya.

“Jangan kita biarkan masyarakat bertanya-tanya dan tidak merasakan kehadiran Pemerintah,”tandas Ferri Ichsan.

Karena itu dalam rakor yang juga dihadiri sejumlah pimpinan Perangkat Daerah dilingkungan Pemko Medan diantaranya Kasat Pol PP, Rakhmat Adisya Putra Harahap, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Muhammad Yunus.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Sutan Tolang Lubis, Kepala Badan (Kaban) Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Andy Mario Siregar dan Camat Sekota Medan ini, Ferri Ichsan ingin melalui rapat koordinasi yang berlangsung fungsi dan peran Kasi Trantib yang ada di Kecamatan dan Kelurahan dapat semakin ditingkatkan lagi.

Sementara itu Kepala Satuan (Kasat) Polisi Pamong Praja (Pol PP) Kota Medan, Rakhmat Adisya Putra Harahap mengatakan setiap permasalahan yang ada di wilayah harus terdeteksi dan dapat dicegah sedini mungkin. Disinilah peran dari Kasi Trantib diperlukan agar cepat melakukan koordinasi dengan Perangkat Daerah lainnya.

“Kita ingin terjalin kolaborasi yang intens antara Kasi Trantib, Kepling dengan petugas Perangkat Daerah, sehingga apabila terjadi suatu kejadian dapat segera diatasi bersama,”pungkas Rakhmat.P06

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Email
Print

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Usai Sudah Kita Nyoblos..


Bolo : Bersatulah kita membangun bangsa..

 

Kebiasaan yang sudah ada bersatu kita teguh..


Bolo : Jadi semboyan hidup agar maju menuju Indonesia Emas 2045