Bapemperda Juga Dapat Berperan Efektif Demi Majukan Kota Medan Menuju Kesejahteraan Masyarakat

MEDAN (Portibi DNP) : Memajukan Kota Medan kearah yang lebih baik tentu merupakan harapan semua pihak, termasuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Medan.

Sebab selaku badan legislatif, DPRD Medan juga memiliki peran penting dalam mewujudkan harapan tersebut, namun harus tetap ada regulasi yang dapat mengaturnya baik dalam segi kebijakan maupun anggaran.

Pernyataan tersebut diungkap anggota Badan Perencanaan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Medan H.Mulia Asri Rambe SH (Bayek),  Sabtu (16/3/2024).

Lebih jauh Bayek yang juga Sekretaris Komisi IV DPRD Medan ini mengungkapkan, salahsatu peran Bapemperda DPRD Medan dalam memajukan kota ini menjadi lebih baik adalah mendukung peningkatan pembangunan infrastruktur yang memadai seperti jalan, jembatan, dan transportasi publik guna memperlancar mobilitas penduduk serta mendukung pertumbuhan ekonomi.

Tidak hanya itu kata Bayek, Bapemperda DPRD Medan juga mendorong pertumbuhan sektor ekonomi lokal dengan memberikan insentif kepada pelaku usaha lokal, memfasilitasi pendirian usaha kecil dan menengah, serta meningkatkan akses terhadap pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan tenaga kerja.

Memastikan pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan dengan melindungi dan menjaga sumber daya alam (SDA) serta memperhatikan dampak lingkungan dari setiap kebijakan pembangunan.

Memperbaiki dan meningkatkan kualitas layanan publik seperti pendidikan, kesehatan, dan keamanan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Mengawasi penggunaan anggaran dengan ketat, mendorong transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan daerah, serta melaksanakan tindakan tegas terhadap praktik korupsi juga bagian dari tugas Bapemperda DPRD Medan, sebut Bayek.

Hal ini sebagaimana tiga fungsi legislatif itu sendiri yaitu legislasi, pengawasan dan anggaran, kata Bayek yang juga Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Medan tersebut.

Membangun kerja sama dengan pihak terkait seperti pemerintah pusat, lembaga swadaya masyarakat, dan sektor swasta untuk meningkatkan efektivitas pembangunan kota.

Memastikan tersedianya fasilitas kesehatan yang memadai, meningkatkan kualitas pelayanan, dan memperluas jangkauan akses bagi masyarakat.

Mendorong pengembangan sistem pendidikan yang berkualitas, memperhatikan kebutuhan akan fasilitas dan tenaga pendidik yang memadai, serta memperkuat pendidikan karakter dan kreativitas.

Mendorong penggunaan teknologi dan inovasi dalam berbagai sektor untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan daya saing kota Medan secara global.

Namun untuk mengimplementasikan itu semua, tentu diperlu langkah-langkah kongrit dan komprehensif serta didukung regulasi yang ada.

Untuk itu Bapemperda DPRD Medan diharapkan dapat berperan lebih efektif memajukan Kota Medan menjadi pusat pertumbuhan dan kesejahteraan yang berkelanjutan bagi seluruh masyarakatnya, imbuhnya.P06

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Email
Print

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wak Ajo, kalo cari makan jangan maju Kalilah..

Bolo: Iya pula, yang bagus bagus aja lah..

 

 

 

Setelah sebulan berpuasa menahan nafsu dan lapar serta dahaga, saatnya kembali fitri


Bolo : kembali suci, silaturahmi antar sesama dan khususnya Sang Pencipta 

 

Mohon dimaafkan segala khilaf baik disengaja maupun tidak


Bolo : maaf untuk semua..