Wabup Launching Aplikasi Penerbitan Identitas Kependudukan Digital

LUBUK PAKAM (Portibi DNP): Wakil Bupati (Wabup) Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar meresmikan Aplikasi Penerbitan Identitas Kependudukan Digital di Kabupaten Deli Serdang Tahun 2023, Kamis (26/1/2023).

“Di era globalisasi saat ini menerapkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi dalam penyelenggaraan pemerintah merupakan suatu keharusan yang untuk memudahkan masyarakat dalam mendapat pelayanan publik sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Republik Indonesia No.72 Tahun 2022 Tentang Spesifikasi Perangkat dan Blangko KTP Elektronik serta ID Digital,” ungkap Wabup pada launching yang diadakan di Aula Cendana, Lantai II, Kantor Bupati Deli Serdang.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Deli Serdang, sebut Wabup, terus berupaya meningkatkan integrasi sistem administrasi kependudukan dengan beragam layanan yang bisa diakses langsung oleh masyarakat.

Salah satunya adalah dengan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi melalui penyelenggaraan identitas kependudukan digital.

“Launching Penerbitan Identitas Kependudukan Digital di Kabupaten Deli Serdang ini merupakan upaya-upaya percepatan, sekaligus perluasan digitalisasi yang dapat meningkatkan pemahaman dan komitmen untuk mengoptimalkan teknologi secara sistematis, informatif dan berkesinambungan,” papar Wabup.

Wabup berharap aplikasi tersebut bisa meningkatkan pelayanan serta memberi kemudahan layanan administrasi kependudukan (adminduk) yang dekat, cepat dan murah. Sehingga, dapat membahagiakan masyarakat Kabupaten Deli Serdang.

“Saya minta kepada Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan seluruh jajarannya agar menyosialisasikan dan melaksanakan penyelenggaraan identitas kependudukan digital bagi masyarakat yang telah memenuhi persyaratan, sehingga aplikasi ini dapat segera dirasakan manfaatnya,” kata Wabup.

Wabup juga mengimbau kepada pemangku kepentingan (stakeholder), baik itu perbankan, imigrasi, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), Pegadaian dan lainnya mempersyaratkan KTP elektronik sebagai salah satu persyaratan kiranya dapat menyesuaikan dengan identitas kependudukan digital.

“Semoga upaya yang kita lakukan dapat memberikan pelayanan publik bisa terwujud dan Kabupaten Deli Serdang ini semakin unggul, maju dan berkembang,” harap Wabup.]

Sebelumnya, Kepala Dinas (Kadis) Dukcapil Deli Serdang, Drs H Misran Sihaloho MSi dalam laporannya menyampaikan identitas kependudukan digital bertujuan untuk mengikuti penerapan teknologi informasi dan komunikasi mengenai digitalisasi kependudukan, meningkatkan pemanfaatan digitalisasi kependudukan bagi penduduk, mempermudah dan mempercepat transaksi pelayanan publik atau privat dalam bentuk digital, mengamankan kepemilikan identitas kependudukan digital melalui sistem autentifikasi guna mencegah pemalsuan dan kebocoran data setiap penduduk yang telah memiliki KTP elektronik fisik.

“Sejak bulan November tahun 2022 lalu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Deli Serdang telah menerbitkan identitas kependudukan digital sebanyak 845 dan tadi pagi menurut laporan sudah ada lebih dari 100 orang,” sebut Kadis.

Hadir pada kegiatan tersebut, perwakilan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) dan Dukcapil Sumatera Utara, Eko Irawan; Pasi Pers Kodim 0204/DS, Kapt Inf RE Sinaga; Wakasat Intelkam Polresta Deli Serdang, AKP Jalaluddin Siregar; Ketua Pengadilan Agama Kelas 1A Lubuk Pakam, Drs H Juaini SH MH; Asisten II Perekonomian dan Pembangunan, Putra Jaya Manalu SE MM, para Staf Ahli dan Asisten Pemkab Deli Serdang; pimpinan dan perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Deli Serdang; camat se-Deli Serdang; dan lainnya. PD04

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Email
Print

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Usai Sudah Kita Nyoblos..


Bolo : Bersatulah kita membangun bangsa..

 

Kebiasaan yang sudah ada bersatu kita teguh..


Bolo : Jadi semboyan hidup agar maju menuju Indonesia Emas 2045