Tingkatkan Pemahaman Anak Remaja, Kominfo Sergai Gelar Sosialisasi Media Sosial

 

SEI RAMPAH(Portibi DNP): Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Serdang Bedagai (Kominfo Sergai) menggelar Sosialisasi dalam rangka meningkatkan pemahaman mendalam tentang efek media sosial bagi remaja. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ruangan Data Center di Komplek Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah pada Jumat (3/2/2023).

” Saat ini media sosial digunakan oleh banyak orang terutama remaja. Banyaknya kasus remaja yang menjadi pecandu media sosial menimbulkan rasa prihatin dan sedih,” kata Kadis Kominfo Drs H Akmal AP M.Si.

Penyalahgunaan yang dilakukan, kata Akmal lagi, tentu menimbulkan berbagai efek negatif terutama bagi perkembangan otak dan kematangan diri para remaja. Oleh karena itu, Dinas Kominfo Sergai melakukan sosialisasi guna membuka pikiran dan menyadarkan calon penerus bangsa tentang pentingnya memilah konten yang ada pada media sosial.

” Seperti yang kita lihat, saat ini banyak informasi mengandung kata-kata provokatif yang dapat memunculkan perkataan kasar dan fitnah, konten-konten media yang terkadang kurang mendukung dan kurang mendidik sehingga merusak pemikiran anak bangsa. Maka dari itu kita harus memberikan pemahaman terhadap anak-anak khususnya remaja agar memfilter terlebih dahulu informasi tersebut. Terkadang informasi itu juga tanpa sumber yang jelas,” kata Akmal.

Kadis Kominfo Akmal menginformasikan bahwa platform media sosial seperti situs web, facebook, instagram, youtube, dan sebagainya dapat dimanfaatkan untuk untuk hal-hal produktif, mendorong kreativitas, dan inovasi bagi semua anak remaja. Menurutnya, media sosial, juga dapat memperluas pertemanan dari berbagai penjuru dunia, selain itu juga bermanfaat sebagai pembelajaraan yang interaktif untuk semua bidang ilmu pengetahuan serta sarana untuk mengoleksi gambar, lagu dan video.

Akmal menambahkan, layanan multimedia dan desiminasi informasi Dinas Kominfo sangat di perlukan sebagai sarana pengelola komunikasi dan informasi berbasis teknologi atau berbasis internet (online) yang digunakan untuk menghimpun, mengolah, menyediakan, dan menyeberluaskan informasi pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten/kota.

“Perkembangan teknologi informasi yang pesat tersebut harus benar-benar kita arahkan, dan kita manfaatkan kearah yang positif untuk kemajuan anak bangsa, dan demi menambah pengetahuan, serta wawasan mengenai efek media sosial yang tersebar luas,” cetus Akmal.

Terakhir, Kadis Kominfo berharap setelah dilaksanakannya kegiatan sosialisasi ini anak-anak khususnya remaja diharapkan mampu memahami dan mengevaluasi efek media sosial yang digunakan. “ Sehingga dapat diimplementasikan manfaatnya di kehidupan sehari-hari,” pungkasnya.

Bagianda, salah satu remaja yang mengikuti kegiatan itu berpendapat bahwa media sosial saat ini menjadi sarana yang penting dimiliki oleh setiap orang. Platfrom dari berbagai media juga sangat bermanfaat sebagai pembelajaran yang interaktif bagi remaja saat ini. dengan media sosial setiap orang dapat terhubung antara satu dengan yang lainnya.humas

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Email
Print

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Usai Sudah Kita Nyoblos..


Bolo : Bersatulah kita membangun bangsa..

 

Kebiasaan yang sudah ada bersatu kita teguh..


Bolo : Jadi semboyan hidup agar maju menuju Indonesia Emas 2045