Rumahnya Direnovasi, Warga Belawan Sampaikan Terimakasih Kepada Bobby

MEDAN (Portibi DNP) : Irma Br Gultom tak dapat menahan tangis saat Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution mengunjungi rumahnya yang tengah direnovasi di Blok 34 Lingkungan XVII, Kelurahan Belawan Sicanang, Kecamatan Medan Belawan, Senin (27/2/2023) petang.

Berkat bantuan menantu Presiden Joko Widodo ini, rumah yang ditempati bersama suami dan ketiga anak tercinta  yang selama ini dalam kondisi sangat memprihatinkan terpilih untuk direnovasi oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia sehingga menjadi rumah sangat layak huni.

“Terima kasih Pak Bobby, melalui perantara tangan bapak, rumah saya telah direnovasi Kementerian Sosial. Saya sangat senang sekali dengan renovasi yang dilakukan. Hanya Tuhan yang bisa membalas kebaikan bapak,” kata Irma haru dengan mata berkaca-kaca.

Bagaimana tidak terharu, ibu tiga anak ini mengaku kondisi rumahnya sebelum direnovasi sangat memprihatinkan. Selain hanya berdinding tepas, atap rumahnya pun bolong-bolong sehingga setiap hujan turun air pun membasahi isi dalam rumah. Sudah itu, ungkap istri dari Edison Manurung ini, lantai rumah mereka pun tanah.

“Tidak hanya hujan saja yang menyebabkan isi dalam rumah basah, saat banjir rob tiba, rumah kami selalu menjadi langganan banjir. Ketinggian air terkadang sampai sepinggang, kami selama ini hanya bisa pasrah dengan keadaan,” paparnya sedih.

Untuk memperbaiki rumah, Irma mengaku tidak mungkin. Sebab, penghasilan suaminya sebagai buruh bangunan hanya pas-pasan untuk makan dan membiayai ketiga anaknya agar tetap dapat melanjutkan sekolah.

“Sekarang suami saya lagi merantau. Makanya, kami sekeluarga sangat senang sekali dengan renovasi yang dilakukan. Puji Tuhan, melalui tangan Pak Bobby, rumah kami direnovasi,” ungkapnya.

Selain rumahnya telah direnovasi, Irma dalam pertemuan dengan suami Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu juga menyampaikan keluhannya. Selama ini, jelasnya, ia mendapat bantuan Program Keluarga Harapan (PKH). Namun sejak tiga tahun belakangan ini, ia mengaku bantuan yang sangat membantunya untuk meringankan biaya hidup tak diperolehnya lagi.

“Sudah tiga tahun saya tidak mendapatkan bantuan PKH itu lagi, Pak Bobby. Tolong dibantu Pak, biar saya mendapatkan lagi. Puji Tuhan, Pak Bobby minta diserahkan fotocopy kartu keluarga saya untuk diserahkan agar Dinas Sosial Kota Medan dapat memeriksanya. Semoga saya kembali mendapatkan bantuan PKH, kami sangat terbantu sekali,” ucapnya jujur.

Kepada Irma, Bobby menjelaskan, renovasi rumah yang dilakukan merupakan bantuan dari kementerian Sosial. “Kepling melakukan pendataan terhadap warga yang rumahnya tidak layak huni. Data itu selanjutnya diteruskan kepada kelurahan dan kecamatan. Data itu selanjutnya diteruskan Dinas Sosial Kota Medan kepada Kementerian Sosial. Semoga renovasi rumah yang dilakukan ini memberikan manfaat,” jelas Bobby.

Setelah itu, Bobby yang hadir didampingi Kadis Sosial Kota Medan Khoiruddin Rangkuti dan Camat Medan Belawan Subhan Fajri Harahap minta izin kepada Irma untuk melihat kondisi rumah yang proses renovasinya telah rampung 80 persen.

Selain dibangun lebih tinggi dari permukaan jalan, rumah direnovasi menjadi type 36. Selain dinding beton, lantai rumah yang memiliki dua kamar itu keramik hingga teras. Sudah itu plafon rumah pun dari gypsum guna menahan panas dari atap seng siang hari.

Tidak hanya rumah Irma, Bobby juga meninjau rumah Cahaya Br Pasaribu yang juga berlokasi di Blok 34 Lingkungan XVII. Sama seperti Irma, Cahaya pun tak dapat menahan rasa harusnya saat melihat kedatangan orang nomor satu di Pemko Medan tersebut.

“Terima kasih Pak, berkat bantuan bapak, rumah kami direnovasi,” ujar Cahaya haru seraya menjabat tangan Bobby.

Setelah melihat kondisi rumah Cahaya yang renovasinya juga telah mencapai 80 persen, Bobby pun mengecek kondisi rumah. Setelah itu ayah tiga orang anak ini pun sempat istirahat sejenak di teras rumah dan berbincang dengan Cahaya beserta beberapa warga untuk mendengar apa yang menjadi keluhan lagi.

Terakhir, Bobby meninjau rumah Kornus Manulang di Blok 31 Lingkungan XVII. Saat peninjauan dilakukan Kornus tidak berada di rumah, yang ada hanya istrinya Ridanesia Br Gultom.

“Terima kasih atas bantuannya Pak Bobby sehingga rumah kami dapat direnovasi kementerian Sosial. Kebetulan hari ini ulang tahun saya yang ke-72,” ungkap Ridanesia menyalami Bobby Nasution sambil menitikkan air mata.

Berdasarkan info yang diperoleh dari Dinas Sosial Kota Medan, ada sekitar 27 rumah di Medan Bagian Utara yang direnovasi Kementerian Sosial. Dari jumlah tersebut, sebanyak 17 unit berada di kelurahan Belawan Sicanang.

Sedangkan sisanya ada di Kelurahan Tangkahan Kecamatan Medan Labuhan, Kelurahan Belawan Bahari Kecamatan Medan Belawan, Kelurahan Paya Pasir Kecamatan Medan Marelan  dan  Kelurahan Mabar Kecamatan Medan Deli.P06

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Email
Print

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Usai Sudah Kita Nyoblos..


Bolo : Bersatulah kita membangun bangsa..

 

Kebiasaan yang sudah ada bersatu kita teguh..


Bolo : Jadi semboyan hidup agar maju menuju Indonesia Emas 2045