Puncak Bakti Sosial Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan, Kahiyang Ayu Beri Penghargaan Kepada Pemenang Lomba

 

MEDAN (Portibi DNP) : Kegembiraan mewarnai kegiatan Puncak Bakti Sosial Kesatuan Gerak PKK – KB – Kesehatan Kota Medan Tahun 2023, Kamis (7/12/2023) di Gedung PKK Medan.

Saat itu, Ketua TP PKK Medan Kahiyang Muhammad Ayu Bobby Afif Nasution menyerahkan sertifikat penghargaan dan bantuan alat kesehatan kepada Kecamatan Medan Timur yang terpilih sebagai Terbaik I Kecamatan dengan Penurunan Unmet Need dalam Rangka Hari Kontrasepsi Dunia tahun ini.

Pada perhelatan yang dihadiri Wali Kota diwakili Asisten Ekonomi Pembangunan H. Agus Suriyono Setdako Medan itu, Kahiyang juga menyerahkan sertifikat penghargaan dan bantuan alat kesehatan kepada Kecamatan Medan Area dan Medan Sunggal yang terpilih menjadi Terbaik II dan III Penurunan Unmet Need.

Unmet Need atau kebutuhan ber-KB yang tidak terpenuhi merupakan persentase perempuan kawin tidak ingin memiliki anak lagi atau ingin menjarangkan kelahiran tetapi tidak memakai kontrasepsi.

Kahiyang juga menyerahkan piala dan hadiah para pemenang lomba kegiatan Bakti Sosial Kesatuan Gerak PKK – KB-Kesehatan Kota Medan tahun ini.

Para pemenang lomba itu Kelurahan Glugur Darat I Medan Timur Juara I Lomba Posyandu, Kelurahan Sunggal Medan Sunggal Juara II, dan Kelurahan Tanjung Gusta Medan Helvetia Juara III.

Lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Juara I Kelurahan Sempakata Medan Selayang, Kelurahan Baru Ladang Bambu Medan Tuntungan, dan Kelurahan Sidirejo II Medan Kota.

Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) Juara I Kelurahan Titi Papan Medan Deli, Kelurahan Tanjung Rejo Medan Sunggal Juara II, dan Kelurahan Sei Putih Barat Medan Petisah.

Terakhir, Lomba KB Kes Juara I Kelurahan Asam Kumbang Medan Selayang, Kelurahan Helvetia Medan Helvetia, dan Kelurahan Karang Berombak Medan.

Usai penyerahan hadiah, para pengurus PKK di kelurahan maupun kecamatan mendekati Kahiyang. Mereka meminta foto bersama. Permintaan ini pun dikabulkan Kahiyang dengan penuh keramahan.

Bobby melalui sambutan tertulis yang dibacakan Asisten Ekonomi Pembangunan Agus Suriyono, mengapresiasi Bakti Sosial Kesatuan Gerak PKK – KB-Kesehatan Kota Medan Tahun 2023. Dia mengharapkan, melalui kegiatan ini akan ada perubahan lebih baik lagi dalam pelayanan kesehatan.

Pada kegiatan yang dihadiri antara lain oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan Medan Ismiralda Wiriya Alrahman, Kepala Dinas P3APMP2KB Edliaty.

Camat, dan segenap pengurus TP PKK Kecamatan dan Kelurahan se-Kota Medan itu, Agus berharap kegiatan ini mampu mengubah pola pikir masyarakat agar lebih peduli terhadap kesehatan dan kualitas hidup dalam kesehariannya.

“Kesadaran akan pentingnya kesehatan ini diharapkan jadi kebiasaan dan karakteristik masyarakat Medan, sehingga program pembangunan kesehatan masyarakat yang dicanangkan oleh pemerintah dapat terwujud,” sebutnya.

Agus Suriyono mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan cakupan dan kualitas pelayanan program keluarga berencana dan kesehatan melalui pemberdayaan masyarakat dan kerja sama lintas sektor dalam Kesatuan Gerak PKK – KB – Kesehatan Medan.

Dia menekankan, pemerintah telah menetapkan bahwa pembangunan kesehatan menjadi program prioritas 2020-2024.

“Capaian yang ingin didapat dalam program prioritas ini adalah penguatan layanan kesehatan dengan mendorong peningkat upaya promotif dan preventif,”ucapnya.P06

Editor:  AS

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Email
Print

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

-Lapor Pak  Kapoldasu, tambang ilegal disepanjang Sungai Batang Natal masih beroperasi..

-Bolo: Sikat aja pak, Tentu kita dukung

 

-Masih marak judi, aparat penegak hukum harus beraksi

Jangan Pandang bulu pak, hajar…