Presiden Jokowi: Pasar Mebel Indonesia harus Masuk E Katalog

 

JAKARTA(Portibi DNP): indonesia memiliki sumber daya bahan baku mebel dan sumber daya manusia yang sangat siap. Namun, pasar mebel Indonesia hanya berkontribusi USD2,8 miliar pada tahun 2022 dan Indonesia hanya berada di peringkat 17, di bawah Vietnam yang peringkat 2 dan Malaysia (12).

 

” Karena itulah, saat membuka IFFINA Indonesia Meubel & Design Expo 2023 di ICE BSD, hari ini, saya menyampaikan bahwa pemerintah akan terus mendorong industri mebel dan kerajinan di Tanah Air untuk menguasai pasar di dalam negeri sehingga tidak dikuasai oleh produk-produk mebel dari luar negeri. Salah satunya, mendorong agar produk-produk mebel dalam negeri dimasukkan ke dalam e-katalog agar lebih mudah diserap oleh belanja pemerintah pusat, daerah, hingga BUMN,” ungkapnya.

 

Kalau kita gabung belanja APBN, APBD, maupun BUMN, belanja kita di 2023 sudah mencapai Rp1.236 triliun. Belanja ini bukan hanya mebel. Tapi khusus untuk mebel angkanya pun besar sekali dan banyak diisi oleh furnitur impor.

 

Meski demikian, upaya pemerintah tidak akan berhasil jika para pengusaha tidak mau membuka diri dan bermitra dengan perusahaan lain.ril

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Email
Print

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

-Lapor Pak  Kapoldasu, tambang ilegal disepanjang Sungai Batang Natal masih beroperasi..

-Bolo: Sikat aja pak, Tentu kita dukung

 

-Masih marak judi, aparat penegak hukum harus beraksi

Jangan Pandang bulu pak, hajar…