Meriahkan Hari Batik Nasional, OSIS SMAN 1 Binjai Adakan Kegiatan Kreatif Batik Smansa

BINJAI (Portibi DNP) : Dalam rangka memeriahkan Hari Batik Nasional, Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMA Negeri 1 Binjai mengadakan kegiatan Kreatif Batik Smansa, Jumat (6/10/2023).

Ketua OSIS SMA Negeri 1 Binjai, Fahmi Aziz Tarigan, mengatakan, kegiatan Kretif Batik Smansa adalah sebuah gelar wicara. “Thema yang diambil pada kegiatan ini adalah “Jaga Budaya dan Harta Bangsa,” katanya.

Menurutnya, sesuai dengan tema yang diusung, kegiatan ini mengutamakan unsur batik dalam setiap sudutnya.

Contohnya saja seperti, pakaian siswa-siswi dengan mengenakan kemeja batik, celana batik, bahkan kreasi dengan kain batik. Meskipun sedikit terkendala terik matahari, kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sukses.

Gelar wicara ini bertujuan untuk mengedukasi siswa-siswi tentang bagaimana cara dan mengapa kita harus melestarikan batik.

Aziz berpendapat, bahwa batik merupakan budaya dan aset bangsa yang sangat berharga. Oleh sebab itu, menurutnya kita sebagai penerus bangsa harus mengenal budaya sendiri dan tetap bangga mengenakannya agar tidak diklaim oleh bangsa lain.

“Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada Kepala Sekolah SMA Negeri Binjai, Bapak Syahfrizal Tarigan SPd.MPd dan managemen sekolah. Tanpa adanya dukungan dan Fasilitas dari Kepala Sekolah dan managemen sekolah, maka kegiatan ini tidak akan terlaksana. Terimakasih pak,” ujarnya, terharu.

Terpisah, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Binjai, Syahfrizal Tarigan SPd.MPd, mengatakan, sangat bersyukur atas terselenggaranya kegiatan ini.

Apalagi, Dinas Pariwisata Kota Binjai sangat tertarik dengan kegiatan ini.”Ia, Dinas Pariwisata Kota Binjai sangat tertarik dengan kegiatan ini. Beberapa perwakilan dari Dinas Pariwisata Kota Binjai datang kemari. Salah satunya, Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Binjai, Wira Juwita, S.Stp,” katanya.

Menurutnya, gelar wicara ini mengundang Rumah Batik JShibori yang diwakilkan oleh Dina Aulia Mayasari, S.Sos sebagai narasumber. Ibu Dina, kata Syahfrizal, dalam sambutannya memaparkan bagaimana sejarah batik, teknik pembuatan batik, dan cara agar kalangan gen z terus bangga mengenakan batik.

“Tentunya, pemaparan materi oleh Ibu Dina sangat mudah dimengerti dan menyenangkan. Di akhir materi, ia juga sempat menanyakan beberapa pertanyaan dan memberikan hadiah pada siswa yang berhasil menjawabnya,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, kegiatan gelar wicara ini diakhiri dengan perlombaan fotografi antar kelas SMA Negeri 1 Binjai. “Setiap kelas diwajibkan melakukan pemotretan dengan tema yang sama dengan gelar wicara. Seluruh siswa-siswi SMA Negeri 1 Binjai sangat antusias dengan perlombaan ini. Mereka semangat memamerkan outfit yang mereka kenakan saat itu,” katanya mengakhiri. (BP)

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Email
Print

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Usai Sudah Kita Nyoblos..


Bolo : Bersatulah kita membangun bangsa..

 

Kebiasaan yang sudah ada bersatu kita teguh..


Bolo : Jadi semboyan hidup agar maju menuju Indonesia Emas 2045