Maret 2023, Medan Sudah Punya TPA Sanitary Landfill

MEDAN (Portibi DNP) : Maret 2023 pembangunan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) yang menerapkan metode sanitary landfill di Kecamatan Medan Marelan selesai. Metode ini teruji efektif dan efisien dalam pengelolaan sampah dan juga ramah lingkungan.

“Maret ini TPA baru yang menerapkan metode sanitary landfill selesai dibangun. Ini sebuah kemajuan dalam pengelolaan sampah di Kota Medan,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Medan, Suryadi Panjaitan, Kamis (26/1/2023) di Medan.

Dia mengatakan, pada 2018 TPA Terjun masih menerapkan metode open dumping. Selanjutnya masa masa kepemimpinan Wali Kota Muhammad Bobby Afif Nasution dilakukan perbaikan dengan menerapkan metode controlled landfill. Sistem ini, sebutnya, mengurangi potensi gangguan lingkungan dengan menimbun sampah memakai tanah secara periodik.

“Boleh datang dan lihat ke TPA Terjun sekarang. Bau nggak lagi? Saya raya nggaklah. Saya juga baru ke sana, sana naik ke atas,” ungkapnya.

Tidak berhenti sampai di situ. Wali Kota Bobby Nasution membangun TPA baru dengan menggunakan metode sanitary landfill. TPA yang menerapkan metode sanitary landfill ini dibangun di dekat TPA Terjun di Kecamatan Medan Marelan dan dijadwalkan selesai pada Maret 2023.

Metode sanitary landfill ini terbaik dalam pengelolaan sampah di TPA. Sederhananya, metodenya membuang sampah di lokasi cekung, kemudian memadatkannya, lalu menimbunnya dengan tanah.

Sebelum penimbunan sampah, metode ini mensyaratkan agar disiapkan tanah lempung sebagai lapisan agar air sampah tidak terserap secara langsung ke tanah hingga mengakibatkan polusi tanah.

Berbeda dengan controlled landfill, permukaan dasar metode sanitary landfill dilengkapi dengan pipa air sampah dan pipa gas metana yang dihasilkan oleh sampah yang ditimbun.P06

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Email
Print

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Usai Sudah Kita Nyoblos..


Bolo : Bersatulah kita membangun bangsa..

 

Kebiasaan yang sudah ada bersatu kita teguh..


Bolo : Jadi semboyan hidup agar maju menuju Indonesia Emas 2045