Kominfo Sergai Terima Mahasiswa UINSU Lakukan PKL

Sei Rampah(Portibi DNP): Sebanyak 7 (tujuh) orang Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai).

Demikian disampaikan Kadis Kominfo Sergai, Drs H Akmal, AP, M.Si melalui Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik (PIKP), Kamaluddin Saragih S.Pd.I, M.Si di ruang kerjanya, Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah pada Senin (9/1/2023).

Kabid PIKP Kamaluddin menyebut jika Kantor Dinas Kominfo Sergai ini kerap menerima mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang akan melakukan PKL.

“Disini kalian bisa belajar banyak. Kalian bisa ikut meliput, mendatangi tempat-tempat sumber berita, design grafis, menulis berita dan mendokumentasikan berita lewat kegiatan kliping surat kabar. Nanti kalian juga bisa belajar penyiaran di Radio Sergai FM. Yang terpenting kalian mau belajar dan serius dalam kegiatan PKL ini. Insya Allah setelah lulus kuliah, kalian bisa siap untuk bekerja,” kata Pak Kamal panggilan akrab Kabid PIKP.

Untuk hari pertama ini, lanjut Kamal lagi, para mahasiswa dibagin dalam 3 (tiga) tim, yaitu tim penulisan berita, tim peliputan dan tim kehumasan.

“ Para mahasiswa diarahkan untuk mengenal terlebih dahulu bagian-bagian yang ada di Kantor Kominfo Sergai. Mulai dari bagian diseminasi informasi yang bertugas untuk mengelola informasi dan menyebarluaskan informasi ntersebut ke kanal media milik pemerintah daerah. Kemudian bagian design grafis, bagian peliputan berita, dan banyak bagian lainnya.

Selanjutnya, kata Kamal lagi, para mahasiswa diberitahu mengenai aturan-aturan yang harus dilakukan dan dipatuhi selama melakukan kegiatan PKL ini. Hal tersebut dilakukan agar tetap terciptanya lingkungan kerja yang nyaman dan kondusif.

“Karena kalian ikut bekerja disini, artinya kalian juga harus bisa mengikuti aturan yang ada disini. Harus menjaga sopan santun, ramah, menggunakan kemeja, kalau mau pulang atau istirahat agar pamit terlebih dahulu kepada yang membimbingnya,” tutup Kamal.

Salah satu mahasiswa PKL Bernama Yunda dan rekan-rekannya menyebut, jika kegiatan PKL ini akan dilaksanakan selama 1 (satu) bulan, mulai hari ini dan akan berakhir pada tanggal 9 Februari 2023 mendatang. Dengan dilaksanakannya kegiatan PKL ini. “ Nantinya kami berharap mampu mengimplementasikan kemampuan kami untuk dunia pekerjaan,” tuturnya.ril

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Email
Print

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Usai Sudah Kita Nyoblos..


Bolo : Bersatulah kita membangun bangsa..

 

Kebiasaan yang sudah ada bersatu kita teguh..


Bolo : Jadi semboyan hidup agar maju menuju Indonesia Emas 2045