Kolaborasi Seluruh Pihak Kunci Pengendalian Inflasi Kota Medan

MEDAN (Portibi DNP) : kolaborasi yang dilakukan semua pihak terkait menjadi kunci dalam mengendalikan inflasi di Kota Medan, sehingga inflasi tetap berada dibawah 4 persen.

Demikian disampaikan Wakil Walikota Medan, H. Aulia Rachman dalam rapat High Level Meeting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Medan terkait dengan Evaluasi Laju Inflasi Tahun 2023 bertempat di Kantor Wali Kota Medan, Kamis (14/12/2023).

“Ini berkat kolaborasi diantara kita semua, jadi apa yang bisa kita lakukan harus kita kerja kan secara cepat, apabila kerjasama kita kuat saya yakin inflasi dibawah 4% diakhir tahun bisa kita capai,”kata Aulia.

Dihadapan para peserta rapat diantaranya perwakilan dari Bank Indonesia, Kadin Medan, Perum Bulog, BPS Kota Medan dan pimpinan Perangkat Daerah terkait di lingkungan Pemko Medan tersebut, Aulia menyampaikan sejumlah masukan guna menjaga inflasi di Kota Medan diantaranya meminta PUD Pasar secara intens memantau harga pasar.

Aulia Rachman tidak ingin ada pengepul yang mencoba menyimpan barang sehingga barang menjadi sulit didapat yang berakibat pada kenaikan harga.

Selanjutnya bilangnya lagi, kerjasama dengan Kabupaten/kota lain dalam hal penyediaan kebutuhan pokok harus dijaga dan lebih intens menjalin komunikasi guna memastikan ketersediaan bahan pokok di kota Medan yang diproleh dari Kabupaten/kota lainya di Sumut.

“Pemko Medan dibawah kepemimpinan Bapak Wali Kota tegas menangani inflasi khususnya menjelang Natal dan Tahun Baru ini, karena kita khawatir harga bahan pokok mengalami peningkatan, oleh sebab itu kita harus mengambil langkah-langkah untuk mengantisipasinya,”ujarnya.

Selain itu juga guna menjaga kestabilan harga cabai dipasaran yang sering menjadi penyebab meningkatnya inflasi, Aulia meminta Perangkat Daerah terkait untuk segera membagikan bibit tanaman cabai kepada masyarakat. Tidak hanya itu saja Aulia Rachman mengingatkan agar memberikan edukasi kepada masyarakat terkait penggunaan cabai kering.

“Saya minta manfaatkan koordinator yang ada di Kecamatan dan Kelurahan untuk memantau bibit cabai yang nantinya dibagikan kepada masyarakat, berikan pendampingan bagaimana cara membudidayakan tanaman cabai sehingga bibit cabai yang diberikan menghasilkan bagi masyarakat,”pungkasnya.

Dalam rapat ini juga didengarkan berbagai saran dan masukan dari para peserta rapat untuk mempersiapkan langkah-langkah guna menjaga agar tidak terjadi kenaikan harga kebutuhan pokok di kota Medan khususnya menjelang akhir tahun.P06

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Email
Print

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Usai Sudah Kita Nyoblos..


Bolo : Bersatulah kita membangun bangsa..

 

Kebiasaan yang sudah ada bersatu kita teguh..


Bolo : Jadi semboyan hidup agar maju menuju Indonesia Emas 2045