Di Konvensi Media Massa Hari Pers Nasional 2023, Edy Rahmayadi Jamin Kebebasan Pers di Sumut

FOTO: Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi menghadiri Konvensi Media Massa Hari Pers Nasional (HPN) 2023 yang diselenggarakan di Grand Ballroom Hotel Grand Mercure, Jalan Sutomo, Medan, Rabu (8/2/2023). Turut hadir Menteri Kominfo RI Johnny G Plate, Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu, Ketua PWI Pusat Atal S Depari, dan Kadis Kominfo Sumut Ilyas Sitorus. (Foto : Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumut / Imam Syahputra

MEDAN (Portibi DNP): Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menjamin kebebasan pers di Sumut. Menurutnya, suatu bangsa akan maju apabila persnya bebas dalam menjalankan tugas dan fungsinya secara professional.

Hal itu disampaikan Gubernur Edy Rahmayadi di hadapan peserta Konvensi Media Massa serangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Sumut  2023 di Hotel Grand Mercure, Jalan Sutomo, Medan, Rabu (8/2). “Di Sumut benar-benar diberlakukan kebebasan pers. Pers bebas menjalankan tugas dan fungsinya,” ujarnya.

Menurut Edy Rahmayadi, apabila pers tidak bebas, pembangunan tidak akan berjalan dengan baik. “Kalau tak dibebaskan pers ini, negara tak akan maju, pendidikan akan turun, kalau sudah turun, sumber daya manusia akan terganggu,” katanya.

Mengenai konvensi, Edy mengharapkan dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi pers. “Apalagi anda (para peserta konvensi) sudah jauh-jauh ke Sumut,” kata Edy.

Pada kesempatan tersebut, Edy juga memberikan oleh-oleh berupa informasi berbagai salam yang ada di Sumut. Edy pun menjelaskan masing-masing salam yang di antaranya horas, ahoi, mejuah-juah, njuah juah, dan yaahowu.

“Salam Sumut ini banyak, saya harap setelah pulang dari sini, anda yang datang dari luar Sumut dapat oleh-oleh pengetahuan berbagai salam dari Sumut ini,” kata Edy.

Edy juga mengaku bahagia, Sumut menjadi tuan rumah Hari Pers Nasional 2023. “Saat ini yang paling berbahagia adalah saya, sebagai rakyat Sumut, HPN ini membuat Sumut melek, hotel penuh semua, UMKM berjalan semua, taksi laku, berbahagialah saya,” ungkap Edy.

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Johnny G Plate mengatakan,  pertumbuhan ekonomi didukung dengan iklim demokrasi yang baik. Iklim tersebut didukung salah satu pilar demokrasi yakni pers.

“Namun pers, patut bersiap dalam menghadapi berbagai tantangan. Terlebih di era disrupsi digital saat ini,” kata Johnny.

Untuk itu, Johnny mengharapkan konvensi media massa menghasilkan pokok pikiran yang bermanfaat bagi pers. Apalagi pers di masa kini memiliki tantangan yang berbeda.

Turut hadir Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu, Ketua PWI Atal S Depari, Kepala Dinas Kominfo Sumut Ilyas S Sitorus dan lainnya. P08

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Email
Print

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

-Lapor Pak  Kapoldasu, tambang ilegal disepanjang Sungai Batang Natal masih beroperasi..

-Bolo: Sikat aja pak, Tentu kita dukung

 

-Masih marak judi, aparat penegak hukum harus beraksi

Jangan Pandang bulu pak, hajar…