Buka MTQ Ke-56 Tahun 2023, Bobby Nasution Harap Kota Medan Selalu Siarkan & Gemakan Al Qur’an

MEDAN (Portibi DNP) : Dihadapan ribuan warga yang menghadiri acara pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-56 Tingkat Kota Medan Tahun 2023 di Stadion Mini Universitas Sumatera Utara (USU), Sabtu (25/2/2023) malam, Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution berharap agar Kota Medan selalu mensyiarkan dan  menggemakan membaca Al Qur’an agar senantiasa membawakan kebaikan.

“Dengan terus mempedomani Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari, insya Allah Kota Medan akan dijauhi dari segala hal yang membuat moral dan akhlak menjadi rusak,” kata Bobby.

Oleh karenanya menantu Presiden Joko Widodo ini, mengajak seluruh peserta MTQ yang merupakan perwakilan dari 21 kecamatan beserta seluruh masyarakat agar dapat memahami dan menjalankan apa yang terkandung serta diajarkan dalam kitab suci Al Qur’an tersebut.

Selanjutnya, Bobby berharap gelaran MTQ yang berlangsung selama sepekan ini dapat melahirkan qori-qoriah terbaik sehingga mampu membawa nama Kota Medan tidak hanya tingkat nasional tapi juga internasional.

Disamping itu, orang nomor satu di Pemerintah Kota (Pemko)9 Medan ini berharap agar seluruh peserta MTQ dapat mempedomani isi dan makna yang terkandung di dalam Al Quran untuk diaplikasikan dalam dunia usaha. Dengan demikian, imbuhnya, sektor ekonomi di Kota Medan dapat berjalan sesuai dengan syariat Islam.

Dengan mengenakan teluk belanga yang merupakan pakaian adat Melayu warna light gold dan songket serta tengkuluk merah, Bobby yang hadir bersama Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu selanjutnya mengucapkan terima kasih kepada Rektor USU Muriyanto Amin yang telah memberikan tempat digelarnya MTQ.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Pak Rektor yang telah memberikan tempat digelarnya MTQ ini. Termasuk, memberikan beasiswa kepada salah satu pemenang MTQ Tingkat Kota Medan tahun lalu yang ingin menimba ilmu di USU ini,” ungkapnya.

Ucapan terima kasih juga disampaikan Bobby kepada Dandim 0201/Medan Kolonel Inf Ferry Muzawwad, yang telah membantu salah satu pemenang MTQ tingkat Kota Medan tahun lalu yang ingin masuk TNI Angkatan Darat (AD).

“Terima kasih kepada Pak Dandim dan TNI AD yang telah memberikan fasilitas luar biasa kepada pemenang MTQ Tingkat Kota Medan tahun lalu yang ingin masuk TNI AD,” ujarnya.

Dalam pembukaan MTQ yang turut dihadiri Wakil Wali Kota Medan H Aulia Rachman, Ketua DPRD Kota Medan Hasyim SE, Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman, Rektor USU Muryanto Amin, Ketua Dharma Wanita Ny Ismiralda Wiriya Alrahman serta Unsur Forkopimda Kota Medan, Bobby menyampaikan, sebentar lagi seluruh umat Muslim akan menyambut bulan Ramadhan. Diharapkannya, kehadiran bulan suci itu dapat menjadi motivasi pada diri sendiri untuk khatam Al Qur’an.

“Saya berharap Kota Medan selalu bisa mensyiarkan dan menggemakan membaca Al Qur’an agar membawa kebaikan. Mudah-mudahan Kota Medan dijauhi dari segala hal yang membuat moral dan akhlak menjadi rusak dengan terus mempedomani Al Qur’an,” harapnya.

Pembukaan event pemuliaan kitab suci Al Quran ini diawali dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an dan pemukulan bedug yang dilakukan Bobby Nasution didampingi Ketua TP PKK, Wakil Wali Kota, Ketua DPRD Medan, unsur Forkopimda dan Sekda Kota Medan. Kemudian, Bobby Nasution menyerahkan piala bergilir dari Camat Medan Belawan sebagai juara umum tahun lalu kepada panitia.

Sementara itu Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman menyampaikan, MTQ tahun ini merupakan perhelatan perdana yang dilaksanakan setelah pandemi Covid-19 dan berlangsung sangat meriah menyusul digelarnya pawai taaruf. Hal ini, imbuhnya, menunjukkan Pemko Medan tidak  main-main menggelar MTQ ke 56 tingkat Kota Medan.

Terkait itu, Aulia berharap peran peserta MTQ ini dapat ikut serta membantu program pemerintah yakni menjadikan masyarakat Kota Medan menjunjung tinggi moral, agama dan sopan santun yang selama ini mulai  berkurang.

“Agama menuntut kita untuk berakhlak dan berbudi pekerti yang baik. Mudah-mudahan kegiatan yang rutin dilaksanakan Pemko Medan setiap tahunnya ini kedepannya dapat menjadikan Kota Medan yang berkah, maju dan kondusif,” harap Aulia.

Sebelumnya, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Medan M Sofyan dalam laporannya menyampaikan, tujuan digelarnya MTQ untuk mengembangkan kemampuan membaca Al Qur’an dengan baik dan benar.

Kemudian, tambahnya, mampu memahami dan mengamalkan makna yang terkandung di dalam Al Qur’an dengan membentuk sikap dan perilaku yang sesuai dengan tuntunan Al Qur’an, serta meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

“Pelaksanaan MTQ ini digelar pada tanggal 25 Februari sampai 4 Maret 2023 dengan jumlah peserta 685 orang yang merupakan utusan dari 21 Kecamatan Kota Medan,” jelas Sofyan.P06

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Email
Print

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wak Ajo, kalo cari makan jangan maju Kalilah..

Bolo: Iya pula, yang bagus bagus aja lah..

 

 

 

Setelah sebulan berpuasa menahan nafsu dan lapar serta dahaga, saatnya kembali fitri


Bolo : kembali suci, silaturahmi antar sesama dan khususnya Sang Pencipta 

 

Mohon dimaafkan segala khilaf baik disengaja maupun tidak


Bolo : maaf untuk semua..