Bobby Nasution Minta Gerakan Koperasi Harus Sampai ke Rumah Ibadah

MEDAN (Portibi DNP) : Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution mengatakan, Gerakan Koperasi harus lebih dimasifkan lagi sampai ke rumah ibadah.

Hal dikatakannya saat menghadiri Peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) Tingkat Kota Medan Tahun 2023 di Tiara Convention Center Medan, Kamis (21/12/2023).

“Rumah ibadah merupakan tonggak kehidupan masyarakat. Jadi gerakan koperasi harus sampai ke rumah ibadah,” kata Bobby yang hadir didampingi Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu.

Guna mewujudkan hal itu, menantu Presiden Joko Widodo ini berpesan kepada Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Dinkop UKM dan Perindag) Kota Medan agar terus bersemangat dalam menjalankan program tersebut.

Dimana program tersebut, ungkapnya, bukan hanya untuk jangka pendek saja tetapi juga program jangka panjang untuk memperkuat UMKM dan masyarakat Kota Medan.

Dihadapan Ketua Dekranasda Kota Medan Kahiyang Ayu, unsur Forkopimda Kota Medan, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Medan Ny Ismiralda Wiriya Alrahman, pimpinan perangkat daerah di lingkungan Pemko Medan, Bobby selanjutnya mengungkapkan, saat pandemi Covid 19, terjadi krisis ekonomi. Begitu juga di tahun 1998, imbuhnya, juga terjadi krisis ekonomi.

“Yang menjadi penyelamat negara saat terjadi krisis ekonomi itu adalah pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Jadi mari kita majukan UMKM, termasuk koperasi. Salah satunya dengan mendorong pelaku UMKM dan penggiat untuk melihat serta memanfaatkan digitalisasi,” ungkapnya.

Dikatakan Bobby, dua hari yang lalu baru saja dilaunching Aplikasi Kedai Elektronik Medan (KEdan). Dimana aplikasi tersebut, jelasnya, digunakan bagi seluruh ASN di lingkungan Pemko Medan untuk membeli hasil produk UMKM yang dipasarkan di marketplace tersebut.

Untuk mendukung keberlangsungan KEdan, lanjut Bobby, dirinya memastikan seluruh ASN di lingkungan Pemko Medan akan menjadi marketnya. Saat ini, ungkapnya, ada kurang lebih 11 ribu ASN di Pemko Medan. “Mereka diwajibkan untuk membeli produk yang ada di aplikasi tersebut,” paparnya.

Apalagi rencananya, kata Bobby, ASN di lingkungan Pemko Medan akan mengenakan pakaian kasual hasil produk UMKM Kota Medan setiap hari Selasa. Selain membeli pakaian kasual di aplikasi tersebut, mereka juga setiap bulannya diwajibkan membeli kebutuhan bulanan di website tersebut. “Minimal angka pembelian sesuai dengan jabatannya nanti,” ungkapnya.

Peringatan Hari Koperasi Kota Medan tersebut dirangkaikan dengan penyerahan piagam penghargaan oleh Bobby Nasution didampingi Kahiyang Ayu.

Ada 3 kategori piagam penghargaan yang diberikan yakni pemenang kompetisi rencana bisnis, penghargaan sebagai tokoh koperasi dan penghargaan sebagai penggiat koperasi.

Tidak hanya itu, orang nomor satu di pemko Medan itu juga menyerahkan bantuan laptop kepada sejumlah rumah ibadah yang ada di Kota Medan.P06

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Email
Print

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Usai Sudah Kita Nyoblos..


Bolo : Bersatulah kita membangun bangsa..

 

Kebiasaan yang sudah ada bersatu kita teguh..


Bolo : Jadi semboyan hidup agar maju menuju Indonesia Emas 2045