Wujudkan Medan Bersih, Bobby Nasution : Kolaborasi, Peduli Lingkungan dan Terapkan 5R

 

MEDAN (Portibi DNP) : Walikota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution mengajak untuk saling berkolaborasi dan peduli serta selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Hal ini disampaikannya saat menyerahkan Bantuan Kepada Komunitas Penggiat Lingkungan dan Bank Sampah serta Piagam Penghargaan Sekolah Adiwiyata Kota Medan Tahun 2023 di halaman Kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Medan, Jalan Pinang Baris, Selasa (12/12/2023).

“Tetap jaga kebersihan lingkungan kita dan saling berkolaborasi, agar apa yang kita harapkan, menjadikan Medan Bersih bisa sama-sama kita wujudkan, ” kata Bobby di hadapan sejumlah pimpinan perangkat daerah terkait di lingkungan Pemko Medan, unsur Forkopimcam, penggiat lingkungan, pengelola bank sampah dan kepala sekolah penerima Adiwiyata.

Bobby juga berharap agar masyarakat bisa memulai menerapkan konsep circular economy dalam mengelola sampah. Adapun konsepnya melalui 5R yakni reduce, reuse, recycle, recovery dan repair. Dengan begitu, ungkapnya, sampah dapat memiliki nilai ekonomis.

“Sesuatu yang kita anggap mungkin tidak baik, tidak bermanfaat, justru kalau dikelola dan dimanfaatkan dengan baik dapat memberikan nilai ekonomis. Selain membantu dalam menjaga kebersihan lingkungan, tentunya juga dapat memberikan pemasukan tambahan bagi masyarakat, ” imbuhnya.

Menantu Presiden Joko Widodo ini selanjutnya menuturkan, penanganan sampah haruslah dilakukan secara komprehensif mulai dari pencegahan hingga penanggulangannya. “Dengan kekuatan kita bersama, insya Allah, kita bisa jaga kebersihan lingkungan Kota Medan yang kita cintai ini,” pungkasnya.

Di sela-sela acara tersebut, orang nomor satu di Pemko Medan ini memberikan bantuan kepada penggiat lingkungan dan bank sampah berupa 21 mesin yang meliputi mesin pembuatan briket arang, mesin pelumer plastik, mesin pembubur sampah organik, timbangan duduk, termasuk mesin pencacah plastik.

Selain 21 mesin, Bobby Nasution juga memberikan Penghargaan Adiwiyata kepada 24 sekolah di Kota Medan. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi karena telah berhasil melaksanakan Gerakan Perilaku dan Berbudaya Lingkungan Hidup di sekolahnya masing-masing.P06

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Email
Print

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Usai Sudah Kita Nyoblos..


Bolo : Bersatulah kita membangun bangsa..

 

Kebiasaan yang sudah ada bersatu kita teguh..


Bolo : Jadi semboyan hidup agar maju menuju Indonesia Emas 2045