Wabup: Salat Subuh Miliki Kedudukan Paling Utama

DELI SERDANG (Portibi DNP): Salat merupakan ibadah wajib yang dijalankan seluruh umat Muslim di dunia. Salat mempunyai kedudukan paling utama dan mendasar dalam Islam yang tidak bisa disejajarkan dengan ibadah-ibadah lainnya.

“Apalagi bila dilakukan secara berjemaah akan dapat memperoleh banyak keistimewaan terutama di waktu Subuh,” kata Wakil Bupati (Wabup) Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar seusai melaksanakan Salat Subuh Berjemaah dan Pengajian Ahad Subuh di Masjid Syukur, Desa Pasar Miring, Kecamatan Pagar Merbau, Minggu (1/2/2023).

Namun, lanjut Wabup, waktu mengerjakan Salat Subuh adalah waktu yang berat dan sulit. Sehingga, banyak orang Muslim membiarkan diri begitu saja memilih mengistirahatkan dirinya sampai matahari terbit dan meninggalkan kewajiban tersebut.

“Padahal, Rasulullah SAW mengkhususkan salat mulia ini dengan keistimewaan tunggal dan sifat-sifat tertentu yang tidak terulang pada salat lainnya. Seperti yang tersirat dalam penggalan adzan Salat Subuh, Asholatu khoirum minannaum, yang artinya salat lebih baik daripada tidur,” terang Wabup.

Terkait Pengajian Ahad Subuh, sebut Wabup, memiliki makna sangat penting bagi peningkatan iman dan ketakwaan kepada Allah SWT. Karenanya, pengajian tersebut harus bisa memberi kontribusi berarti untuk mewujudkan umat yang religius, senantiasa menjaga hubungannya dengan Allah SWT, sehingga terbentuk masyarakat yang religius dan gemar melakukan kebajikan, karena agama sebagai sandaran moralnya.

“Seperti inilah yang harus terus kita tingkatkan dari waktu ke waktu. Terlebih melalui Salat Subuh berjemaah akan menjadi sarana yang baik untuk menumbuhkan kekompakan di masyarakat.
Saya berharap dengan Salat Subuh berjemaah dan Pengajian Ahad Subuh ini dapat meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT untuk menjadi insan yang bertakwa dan sebagai upaya untuk memakmurkan masjid demi mewujudkan visi Kabupaten Deli Serdang yang maju dan sejahtera dengan masyarakatnya yang religius dan rukun dalam kebhinekaan,” tutup Wabup.

Sebelumnya, Ketua Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Syukur yang juga Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Deli Serdang, H Waluyo mengungkapkan Salat Subuh Berjemaah dan Pengajian Subuh Ahad dilaksanakan rutin setiap awal bulan guna memakmurkan masjid dan dilaksanakan serentak di masjid-masjid dan musala di Desa Pasar Miring.

“Kami juga menyampaikan rencana pemindahan tempat dan pembangunan Masjid Syukur yang direncanakan akan menjadi masjid termegah serta ikon Kecamatan Pagar Merbau,” ungkap H Waluyo.

Menanggapi hal itu, Wabup menyatakan Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan sudah menyetujuinya dan akan dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Deli Serdang dan akan mulai dibangun tahun 2023 ini.

Sementara itu, Camat Pagar Merbau, H Ibnu Hajar SPd SSos mengatakan selain Subuh Berjemaah dan Pengajian Ahad Subuh, Pemerintah Kecamatan juga sudah menjadwalkan kegiatan keagamaan lainnya, antara lain Jumat Berjemaah dan Jumat Berkah.

“Kita laksanakan bergilir di masjid-masjid di desa-desa di Kecamatan Pagar Merbau. Kita juga akan melaksanakan MTQ Tingkat Kecamatan di bulan Februari tahun 2023 ini. Pesertanya adalah kepala desa dan perangkat yang akan mengikuti lomba Adzan dan Marhaban,” tutur Camat.

Hadir pula pada Salat Subuh berjemaah dan pengajian tersebut, Ketua Baznas Deli Serdang, H Surya; Ketua Dewan Dakwah Islam Indonesia Deli Serdang, Khairuddin Siregar; Pengurus Aljamiyatul Washliyah Deli Serdang; Koordinator Penyuluh Agama KUA Pagar Merbau; Bambang Kurniawan; Kepala Desa Pasar Miring, Santoso SSos; Kades Sidodadi Batu 8, Dugi Utomo; Kades Perbarakan, Kariman; Kades Pagar Merbau II, Agus Widodo; dan lainnya.PD04

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Email
Print

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hati hati pak, mantan koruptor yang mainkan peran perpolitikan di Sumut dibelakang layar..

-Bolo: Bah sembunyi di dalam terang, sakitnya tak seberapa, malunya ini .

 

 

-Lapor Pak  Kapoldasu, tambang ilegal disepanjang Sungai Batang Natal masih beroperasi..

-Bolo: Sikat aja pak, Tentu kita dukung

 

-Masih marak judi, aparat penegak hukum harus beraksi

Jangan Pandang bulu pak, hajar…