Tim Survey Badan Informasi Geospasial Kunjungi Air Terjun Lae Singgabit Kabupaten Pakpak Bharat

PAKPAK BHARAT(PortibiDNP): Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pakpak Bharat, Maranatha M. padang, S.Pd, M.Si Bersama Tim dari Badan Informasi Geospasial Cibinong, Badan Pengelola Otorita Danau Toba serta perwakilan dari Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara hari ini mengunjungi Air Terjun Lae Singgabit di Desa Mahala, Kecamatan Tinada. Kunjungan ini dalam rangka survey lapangan dalam rangka Penyusunan Atlas Pariwisata Wilayah Danau Toba yang dilaksanakan oleh Badan Informasi Geospasial.

Bersama Kepala Bidang Pariwisata, Sekjen Padang, M.A.P dan Camat Tinada, Rudolf Agus Solin, ST., MM, mereka melakukan pengambilan beberapa data penting diantaranya titik koordinat, dokumentasi berupa foto dan audio visual.

Perjalanan menuju Air Terjun Lae Singgabit sungguh sebuah pengalaman yang sangat indah. Pendakian menuju titik Air Terjun ditempuh dalam waktu kurang lebih 1,5 jam, dibayar lunas dengan panorama Air Terjun yang sangat anggun mempesona.

Setelah mengunjungi Lae Singgabit, seluruh tim melanjutkan perjalanan menuju Sapo Jojong, sebuah rumah adat Suku Pakpak yang direkonstruksi menyerupai pembangunan rumah adat Suku Pakpak pada jaman dulu yang berdekatan dengan peninggalan sejarah lainnya yaitu Makam Tua Muslim. Seorang tetua adat setempat, Atur Pandapotan Solin menjelaskan kepada Tim mengenai asal usul, sejarah, dan informasi yang berkaitan dengan sapo jojong dan makam tua muslim.

Diketahui Tim dari Badan Informasi Geospasial yang dipimpin oleh Dr. Moeniroch, dan Lia Sabrina perwakilan Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) mulai melaksanakan Survey Lapangan di Kabupaten Pakpak Bharat. selama 3 hari penuh, 7 – 9 Juni 2024 mereka mengunjungi beberapa Daerah Tujuan Wisata yang tersebar di berbagai Kecamatan di Kabupaten Pakpak Bharat.

Dr. Moeniroch sendiri mengapresiasi dukungan penuh yang diberikan oleh Pemerintah dan masyarakat Pakpak Bharat, sehingga kegiatan pemetaan yang mereka lakukan dapat diselesaikan dengan baik.

Survey ini sangat penting, agar informasi geospasial terkait pariwisata di Pakpak Bharat dapat disajikan secara sistematis dan dilengkapi dengan peta, gambar/foto, narasi, dan infografis menarik, jelas Dr. Moeniroch.(ST)

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Email
Print

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hati hati pak, mantan koruptor yang mainkan peran perpolitikan di Sumut dibelakang layar..

-Bolo: Bah sembunyi di dalam terang, sakitnya tak seberapa, malunya ini .

 

 

-Lapor Pak  Kapoldasu, tambang ilegal disepanjang Sungai Batang Natal masih beroperasi..

-Bolo: Sikat aja pak, Tentu kita dukung

 

-Masih marak judi, aparat penegak hukum harus beraksi

Jangan Pandang bulu pak, hajar…