Tim Evaluasi Lomba TP. PKK Provsu Lakukan Penilaian Terhadap Desa/Kelurahan di Asahan

Asahan (Portibi DNP): Tim Evaluasi Penilaian Lomba TP. PKK Provinsi Sumatera Utara (Provsu) melakukan kunjungan dan penilaian  desa/ kelurahan  yang mengikuti lomba tingkat TP. PKK Provsu yakni Desa Teluk Dalam Kecamatan Teluk  Dalam lomba Tertib Administrasi, Desa Sei Alim Kecamatan Air Batu lomba PAAR, Desa Aek Bange Kecamatan Aek Ledong lomba HATINYA PKK, Kelurahan Sentang Kecamatan Kota Kisaran Timur lomba Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) dan UPTD Puskesmas Pulau Bandring lomba IVA Test, Rabu (12/06/2024).

Dalam evaluasi tersebut , Tim Evaluasi disambut hangat oleh Pemerintah Kabupaten Asahan dan TP. PKK Kabupaten Asahan dengan berbagai macam dan ragam kegiatan.

Pada lomba Tertib Administrasi ini Bupati Asahan H. Surya, BSc mengatakan kunjungan dari Tim Evaluasi Penilaian ini merupakan tindak lanjut dari penilaian Tim Supervisi yang dilaksanakan pada tanggal 22 Februari 2024 dimana lomba Tertib Administrasi PKK dapat nominasi masuk ketahap monitoring

Dia menambahkan, kegiatan ini secara langsung mengukur kegiatan pelaksanaan 10 program pokok PKK yang dilaksanakan oleh TP PKK Kabupaten Asahan, dengan sasarannya Desa/kelurahan pelaksana Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Kabupaten Asahan.

Bupati berharap , setiap kader PKK secara rutin melaksanakan pembinaan agar 10 program PKK dapat terealisasi dan terimplementasi ditengah masyarakat dan TP PKK di semua tingkatan dapat mengembangkan peran dan fungsi kelompok PKK Dusun dan Kelompok Dasawisma. “Karena dikelompok inilah sesungguhnya terletak keberhasilan Gerakan PKK, “ujar Bupati.

Sementara itu Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar, S. Sos, M. Si pada lomba PAAR mengatakan, berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan pada tingkat Kecamatan dan tingkat Kabupaten, Desa Sei Alim Hasak terpilih sebagai desa terbaik dalam pelaksanaan PAAR di Kabupaten Asahan pada tahun 2024 . ” Saya ucapkan terima kasih kepada OPD dan TP PKK Kabupaten Asahan yang telah membina dan memberi arahan kepada Kecamatan Sei Dadap dan Desa Sei Alim Hasak sebagai desa terbaik yang terpilih untuk mengikuti monitoring pada hari ini, dan kerja sama yang telah dibina antara masyarakat, aparat desa dan kecamatan serta TP PKK Desa dan Kecamatan semoga berbuah manis dengan hasil generasi anak bangsa yang berkualitas, bermartabat dan religius sesuai dengan Visi Kabupaten Asahan Mewujudkan Asahan yang Sejahtera, Religius dan Berkarakter, “ujar Wakil Bupati Asahan.

Sedangkan Sekretaris Daerah Drs. John Hardi Nasution, M. Si pada lomba HATINYA PKK meminta kepada TP PKK Kecamatan Aek Ledong, TP PKK Desa Aek Bange, Camat, Kepala Desa dan Perangkat Desa bersama dengan masyarakat desa agar lebih lagi untuk mengelola pemanfaatan lahan pekarangan sekitarnya, karena dengan memanfaatkan lahan pekarangan dapat mendatangkan berbagai manfaat, di antaranya sumber pangan penghuni rumah, sumber plasma nutfah dan ragam jenis biologi, pengendali iklim sekitar rumah dan sekitarnya, untuk kenyamanan, penyerap karbondioksida dan penghasil oksigen, tempat resapan air hujan dan limbah rumah tangga ke dalam tanah, melindungi tanah dari kerusakan erosi, yang mana semuanya itu tak lepas dari mendukung visi Pemerintah Kabupaten Asahan, yaitu Masyarakat Asahan Sejahtera yang Religius dan Berkarakter.

“Teruslah berkarya dan berinovasi demi perwujudan pembangunan ke arah yang lebih baik lagi. saya juga mengharapkan peran serta dari OPD pembina untuk tetap menjalin kerjasama dan terus mendukung Program kerja PKK, “ujar Sekda.

Pada lomba UP2K Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ir. Oktoni Eriyanto mengatakan, dengan adanya lomba program UP2K ini telah membantu mensukseskan program Provsu maupun Kabupaten Asahan, dimana masyarakat dapat meningkatkan usaha ekonomi keluarga, melalui usaha kelompok/perorangan, sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarga.

Asisten Administrasi Umum Drs. Muhilli Lubis pada lomba IVA Test mengucapkan terimakasih kepada TP PKK Kabupaten dan seluruh Kepala OPD, Camat Pulau Bandring, dan Kapus UPTD Pulau Bandring yang membina dan mendukung sepenuhnya kegiatan lomba IVA Tes ini.

“Saya juga mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Tim Monitoring Lomba IVA Tes TP PKK Provsu atas bimbingan dalam pelaksanaan kegiatan lomba IVA Tes pada saat ini, mudah-mudahan para tim penilai lomba IVA Tes TP PKK Provsu dapat memberikan nilai terbaik bagi Kecamatan Pulo Bandring dan semoga lomba IVA Tes ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya yang ada Kabupaten Asahan,” katanya.

Sebelumnya,  Pj Ketua TP PKK Provsu Ny. Dessy Hasanuddin yang diwakili Ketua Tim Monitoring mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah dan TP PKK Kabupaten Asahan yang telah menyambut hangat Tim Monitoring TP PKK Provsu. “Kami Tim Monitoring akan melakukan pengumpulan data dan pengukuran kemajuan kepada Desa/Kelurahan yang mengikuti lomba TP PKK Tingkat Provsu, ujarnya. AR

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Email
Print

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hati hati pak, mantan koruptor yang mainkan peran perpolitikan di Sumut dibelakang layar..

-Bolo: Bah sembunyi di dalam terang, sakitnya tak seberapa, malunya ini .

 

 

-Lapor Pak  Kapoldasu, tambang ilegal disepanjang Sungai Batang Natal masih beroperasi..

-Bolo: Sikat aja pak, Tentu kita dukung

 

-Masih marak judi, aparat penegak hukum harus beraksi

Jangan Pandang bulu pak, hajar…