Ribuan Masyarakat Dari Berbagai Etnis Ikut Meriahkan Pawai Ta’aruf Pembukaan MTQ Ke 56 Tingkat Kota Medan

MEDAN (Portibi DNP) : Setelah lebih dari dua tahun tidak menyelenggarakan akibat pandemi covid-19, kini Pemerintah Kota (Pemko) Medan kembali menggelar pawai ta’aruf dalam rangka pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 56 tingkat Kota Medan.

Ribuan masyarakat dari berbagai etnis dan agama yang ada di kota Medan tumpah ruah ikut serta memeriahkan pawai ta’aruf MTQ ke 56 tingkat Kota Medan yang digelar di Stadion Mini Universitas Sumatera Utara (USU), Sabtu (25/2/2023).

Pawai ta’aruf yang berlangsung sangat meriah tersebut diawali dengan laporan dari komandan pawai kepada Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution tanda dimulainya pawai ta’aruf.

Selanjutnya secara beriringan peserta pawai yang berasal dari 21 Kecamatan berjalan melintasi panggung utama. Barisan pawai ta’aruf diawali dengan grup marching band yang memainkan lagu mars MTQ, kemudian dilanjutkan barisan pramuka yang membawa 56 bendera merah putih sebagai simbol MTQ ke 56.

Kemudian dilanjutkan kafilah pertama yang melintas dari Kecamatan Medan Belawan selaku juara umum MTQ tingkat kota Medan tahun lalu. Setelah itu disusul kafilah dari Kecamatan Medan Barat.

Kafilah dari Kecamatan Medan Selayang, kafilah dari Kecamatan Medan Johor, kafilah dari Kecamatan Medan Petisah, kafilah dari Kecamatan Medan Timur.

Kafilah dari Kecamatan Medan Deli, kafilah dari Kecamatan Medan Marelan, kafilah dari Kecamatan Medan Amplas dan kafilah dari
Kecamatan Medan Perjuangan.

Setelah itu kembali disusul oleh kafilah dari Kecamatan Medan sunggal, kafilah dari
Kecamatan Medan Helvetia, Kafilah dari Kecamatan Medan Kota.

Kafilah dari Kecamatan Medan polonia, kafilah dari Kecamatan Medan Denai, kafilah dari Kecamatan Medan labuhan, kafilah dari Kecamatan.Medan tembung, kafilah dari Kecamatan Medan Maimun.

Kafilah dari Kecamatan Medan Tuntungan, kafilah dari Kecamatan Medan Area, dan yang terakhir ditutup oleh iringan kafilah dari Kecamatan Medan Baru selaku tuan rumah pelaksanaan MTQ ke 56 tingkat kota Medan tahun ini.

Sambil melambaikan tangan Wali Kota Medan bersama Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan Hasyim, Wakil Wali Kota, H. Aulia Rachman, Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman dan Unsur Forkopimda Kota Medan lainya menyambut setiap iringan para peserta pawai ta’aruf yang melintasi panggung utama.

para peserta pawai ta’aruf ini juga tidak hanya menggunakan seragam bernuansa islami saja, namun juga menggunakan berbagai pakaian adat yang ada di kota Medan sebagai cerminan dari keberagaman suku yang ada di kota Medan.

Bahkan etnis dari Tionghoa, India dan Arab juga ikut meramaikan pawai ta’aruf tersebut. Suasana pun semakin meriah tatkala masing-masing Kecamatan menampilkan pertunjukan kesenian daerah seperti kuda lumping, reog, barongsai dan juga liong.

Kemeriahan pawai ta’aruf ini pun mendapat apresiasi dari sejumlah masyarakat yang hadir menyaksikan acara tersebut, salah satunya adalah Noviah. Dirinya memberikan apresiasi kepada seluruh masyarakat Kota Medan yang bersama-sama ikut memeriahkan pawai ta’aruf ini.

“Saya melihat dan menyaksikan sendiri bagaimana seluruh masyarakat kota Medan ikut memeriahkan pawai ta’aruf ini. Tidak hanya kami yang beragama islam saja, tetapi seluruh masyarakat dari berbagai agama dan etnis juga ikut memeriahkannya.”kata Noviah.

Noviah pun menilai kegiatan pawai ta’aruf ini menjadi simbol toleransi dan kerukunan antar umat beragama di Kota Medan. Untuk itu dirinya mengucapkan terimakasih kepada Wali Kota Medan yang telah menyelenggarakan kegiatan pawai ta’aruf dalam rangka pembukaan MTQ ke 56 tingkat kota Medan.

“Saya sangat bangga sekali, karena berkat Wali Kota Medan masyarakat bisa ikut beramai-ramai memeriahkan acara MTQ ini.”ujar Noviah.

Hal senada juga disampaikan oleh Evi Handayani yang juga mengapresiasi dengan kemeriahan pawai ta’aruf ini. Menurutnya tidak hanya masyarakat saja yang dapat menikmati kemeriahan pawai ta’aruf ini namun juga dirasakan oleh para pelaku UMKM yang berjualan.

“Acara hari ini sangat bagus sekali, masyarakat juga senang mengikutinya, apalagi para pedagang yang berjualan disini juga turut terbantu.”ungkap Evi Handayani sembari menyampaikan terimakasih kepada Wali Kota Medan Bobby Nasution yang telah sukses menyelenggarakan pawai ta’aruf ini.P06

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Email
Print

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wak Ajo, kalo cari makan jangan maju Kalilah..

Bolo: Iya pula, yang bagus bagus aja lah..

 

 

 

Setelah sebulan berpuasa menahan nafsu dan lapar serta dahaga, saatnya kembali fitri


Bolo : kembali suci, silaturahmi antar sesama dan khususnya Sang Pencipta 

 

Mohon dimaafkan segala khilaf baik disengaja maupun tidak


Bolo : maaf untuk semua..