Pemko Medan Bantu Legalitas Masjid Melalui Program Masjid Mandiri

MEDAN (Portibi DNP) : Program Masjid Mandiri yang diluncurkan Pemerintah Kota (Pemko) Medan memiliki ragam tujuan, salah satunya membantu masjid-masjid yang ada di Kota Medan terkait legalitasnya. Sebab, masih sebagian kecil persentase masjid yang masih terjamin legalitasnya.

Hal ini disampaikan Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution saat melaksanakan Safari Ramadhan 1444 H di Masjid Nurul Hayat, Jalan Bunga Ncole, Kecamatan Medan Tuntungan, Senin (3/4/2023) petang.

Unsur Forkopimda Kota Medan serta pimpinan perangkat daerah turut mendampingi Bobby Nasution dalam kegiatan yang menjadi sarana bersilaturahmi dengan masyarakat tersebut.

“Hanya sekitar 20 persen dari seribuan masjid yang terjamin terkait legalitasnya. Untuk itu, program Masjid Mandiri ini hadir untuk membantu menyelesaikan persoalan ataupun mungkin permasalahan yang ada. Sebab, bukan hanya Pemko Medan, tapi ada instansi lain yang turut serta dalam program ini misalnya Badan Pertanahan Nasional (BPN), ” kata Bobby.

Menantu Presiden RI Joko Widodo itu juga berharap, kehadiran program Masjid Mandiri bisa membantu warga yang tinggal di sekitar masjid. “Minimal, kita bisa saling bantu. Misalnya ada warga yang sulit ekonominya dan susah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sederhananya, paling tidak jangan ada tetangga kita yang kelaparan. Jadi, kita bantu lewat koperasi, ” harapnya.

Jelang berakhirnya bulan Ramadhan nanti, imbuh Bobby, Pemko Medan juga menghadirkan kembali program Mudik Bareng. “Ada 12 kabupaten/kota di Sumatera Utara yang jadi tujuannya. Jadi, buat bapak dan ibu silahkan daftarkan diri. Mudah-mudahan program kita ini bisa dinikmati, ” terangnya.

Terakhir, Bobby berharap, masjid bisa benar-benar dapat digunakan untuk berbagai hal, tidak hanya sekadar tempat beribadah. “Kita berharap masjid dapat seperti di zaman Rasulullah yakni sebagai tempat berkegiatan sosial, bermusyawarah hingga berpolitik,” harapnya.

Seperti biasa, di kesempatan itu, Bobby juga menyerahkan bantuan dari Pemko Medan sebesar Rp. 50 juta untuk pembangunan masjid. Kemudian, buku beserta rak-nya, satu set tenis meja, akte pendirian koperasi serta dia steling dagang.

Selain itu, menyerahkan paket sembako senilai Rp. 10 juta, paket Ramadhan, santunan kepada anak yatim piatu dan kartu keluarga serta kartu Identitas anak( KIA) .P06

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Email
Print

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Usai Sudah Kita Nyoblos..


Bolo : Bersatulah kita membangun bangsa..

 

Kebiasaan yang sudah ada bersatu kita teguh..


Bolo : Jadi semboyan hidup agar maju menuju Indonesia Emas 2045