Martin Manurung Dorong Peningkatan UMKM di Labura

 

LABURA(Portibi DNP): Wakil Ketua Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI), Martin Manurung, SE, MA, mendorong pemerintah untuk melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan dan menumbuhkembangkan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Dalam kunjungan kerjanya di Kecamatan Kualuh Hulu, Labuhanbatu Utara (Labura), Selasa 7 Maret 2023, Martin Manurung memaparkan, selama ini Komisi VI DPRRI selalu mendorong seluruh mitra kerja untuk turun ke lapangan guna menjemput bola menampung aspirasi dan keluhan masyarakat.

Menurutnya, hidup mati perekonomian Indonesia ada di tangan UMKM. Dengan total sebanyak 65,46 juta, UMKM merupakan penyerap jumlah tenaga kerja yang terbesar di Indonesia.

“Hidup matinya ekonomi negara ini ada di tangan UMKM, makanya kita dari Komisi VI DPR-RI sangat gigih untuk mendorong peningkatan sektor ini. UMKM sudah membuktikan mampu bertahan di tengah guncangan ekonomi yang terdampak pandemi covid-19 lalu, ” papar Martin.

Untuk UMKM Labura, Martin Manurung berjanji akan menampung aspirasi pelaku UMKM di daerah ini untuk disampaikan kepada seluruh kementerian mitra kerja Komisi VI DPR-RI.

Martin Manurung juga mengingatkan dan menghimbau agar masyarakat meningkatkan penggunaan produk dalam negeri melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

Sementara itu, Binsar M Simatupang, SE. MM, Ketua Korwil Sumut Garda Transfumi Kementerian Koperasi dan UMKM, menjelaskan, agar pelaku UMKM dapat menerima banyak manfaat dari berbagai program dari pemerintah, pelaku UMKM harus mendaftarkan usahanya untuk memiliki Nomor Induk Berusaha atau NIB.

“Dengan memiliki NIB, akan memudahkan para pelaku usaha untuk mendapatkan berbagai program peningkatan UMKM dari pemerintah, baik pusat maupun pemerintah daerah. Selain itu, NIB akan memudahkan pelaku usaha untuk mengembangkan pangsa pasar produksi usahanya, ” terang Binsar.

Di akhir acara yang dihadiri ratusan warga ini, Martin Manurung yang merupakan pelantun tembang Batak bertajuk “Husippon Tu Alogo” ini menghibur seluruh hadirin dengan menyanyikan lagu yang sempat hits beberapa dekade lalu itu.

Turut hadir dalam acara, Sekretaris Kecamatan Kualuh Hulu, Ansyari Sinaga, SSTP, perwakilan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Unit Aek Kanopan, perwakilan Permodalan Nasional Madani (PNM) Mekar. (NB)

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Email
Print

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hati hati pak, mantan koruptor yang mainkan peran perpolitikan di Sumut dibelakang layar..

-Bolo: Bah sembunyi di dalam terang, sakitnya tak seberapa, malunya ini .

 

 

-Lapor Pak  Kapoldasu, tambang ilegal disepanjang Sungai Batang Natal masih beroperasi..

-Bolo: Sikat aja pak, Tentu kita dukung

 

-Masih marak judi, aparat penegak hukum harus beraksi

Jangan Pandang bulu pak, hajar…