Dinas SDABMBK Kota Medan Respon Cepat Longsornya Ruas Jalan Sampali

MEDAN (Portibi DNP) : Pemerintah Kota (Pemko) Medan melalui Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Konstruksi (SDABMBK) memberikan respon cepat perihal longsornya ruas jalan di Jalan Sampali, Kelurahan Pandau Hulu II, Kecamatan Medan Area pada Rabu (19/6/2024) sore.

Pj Sekda Kota Medan sekaligus Kepala Dinas SDABMBK Kota Medan, Topan O.P Ginting, mengatakan peristiwa longsor tersebut terjadi saat proses pengerjaan drainase yang sedang dilakukan di Jalan Sampali.

“Jadi longsor itu terjadi saat pihak kontraktor sedang melakukan penggalian untuk pondasi talud,” ucap Topan Ginting, Kamis (20/6/2024).

Dikatakan Topan, kejadian tersebut juga tidak serta merta dapat dilimpahkan sebagai kesalahan pihak kontraktor. Pasalnya, jenis tanah di lokasi tersebut ternyata berbeda satu sama lain.

“Jadi menurut PPK, kebetulan di lokasi tersebut berbeda jenis tanahnya dengan yang lain. Sebelumnya (saat penggalian di lokasi tersebut) jenis tanahnya tanah liat. Namun saat di titik tersebut, ternyata tanahnya jenis pasir sehingga runtuh,” ujarnya.

Untuk itu, kata Topan, pihaknya sudah langsung menurunkan para pekerja untuk menyelesaikan masalah yang terjadi di lokasi.

“Tadi malam semua kita perintahkan untuk lembur. Tadi malam sudah dibuatkan mal cetakan bingkai besi untuk kita cor taludnya hari ini,” ungkap Topan.

Senada dengan Topan, Kabid Drainase Dinas SDABMBK Kota Medan, Gibson Panjaitan juga mengatakan pihaknya telah langsung turun ke lokasi untuk menindaklanjuti peristiwa longsor tersebut.

“Benar apa yang dikatakan Pak Pj Sekda (Topan Ginting), longsoran tersebut terjadi saat penggalian untuk pondasi talud,” kata Gibson.

Dijelaskan Gibson, sejak Rabu (19/6/2024) malam pihaknya telah melakukan penanganan atas longsornya ruas jalan di Jalan Sampali tersebut.

“Tadi malam kita minta agar para pekerja lembur untuk mengatasi hal itu sampai tuntas. Kita minta segera di cor di titik itu, supaya jangan membuat warga khawatir,” jelasnya.

Diterangkan Gibson, dirinya pun telah melakukan peninjauan ke lokasi. Saat ini, pihaknya sudah melakukan penanganan dengan perkuatan.

“Pengerjaan talud beton yang sedang dikerjakan, sebagian sudah selesai. Hari ini juga akan kita lakukan percepatan pengecoran talud beton (di titik yang longsor). Akan kita percepat pekerjaannya, dan akan kita maksimalkan supaya langsung bisa di cor dan ditimbun kembali,” pungkasnya.P06

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Email
Print

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hati hati pak, mantan koruptor yang mainkan peran perpolitikan di Sumut dibelakang layar..

-Bolo: Bah sembunyi di dalam terang, sakitnya tak seberapa, malunya ini .

 

 

-Lapor Pak  Kapoldasu, tambang ilegal disepanjang Sungai Batang Natal masih beroperasi..

-Bolo: Sikat aja pak, Tentu kita dukung

 

-Masih marak judi, aparat penegak hukum harus beraksi

Jangan Pandang bulu pak, hajar…