Dibangun Untuk Atasi Banjir, Masyarakat Harap Kolam Retensi Martubung Segera Selesai

Foto: Camat Medan Labuhan Khairun Nasir

MEDAN (Portibi DNP) : Penanganan banjir merupakan salah satu program prioritas Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution. Berbagai upaya terus dilakukan untuk mengatasi banjir, seperti di Kecamatan Medan Labuhan dengan melakukan pembangunan kolam Retensi di Griya Martubung, Kelurahan Besar, Kecamatan Medan Labuhan. Kolam ini diharapkan dapat meminimalisir terjadinya banjir yang selama ini dikeluhkan masyarakat.

Pembangunan tahap pertama kolam retensi di danau Laguna tersebut saat ini sudah selesai, pemagaran beton di kolam retensi seluas 10 Ha tersebut sudah terpasang.

Pembangunan tahap kedua kembali dilanjutkan di tahun 2023 ini diantaranya pembangunan kolam lumpur, fasilitas taman bermain dan jogging track serta tempat pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Upaya yang dilakukan Bobby dalam mengatasi banjir di wilayah Griya Martubung dengan membangun kolam Retensi mendapatkan dukungan dari Warga. Edy Gurning warga yang sudah 17 tahun tinggal di Griya Martubung mengungkapkan dirinya sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kota (Pemko) Medan karena telah membangun kolam retensi di Griya Martubung, sebab selama tinggal disini danau Laguna ini terbengkalai hanya hutan eceng gondok.

“Selama 17 tahun saya tinggal danau ini terbengkalai hanya hutan enceng gondok, karena sudah dibagusin seperti ini dibangun kolam retensi saya berterima kasih kepada Pemko Medan. Saya sangat mendukung program ini, Apalagi wilayah ini akan dijadikan destinasi wisata tentunya secara tidak langsung akan mendongkrak perekonomian warga. Edi Pun berharap pengerjaan ini dapat segera selesai,”jelas Edi di lokasi Kolam Retensi Danau Laguna, Selasa (10/1).

Salah satu tokoh masyarakat Griya Martubung, Syahbudin Rambe juga mengungkapkan masyarakat disini sangat mendukung program Pak Wali Kota Medan dalam mengatasi banjir di Griya Martubung dengan dibangunnya kolam Retensi.

Tentunya pembangunan ini merupakan kepedulian Pak Wali Kota terhadap masyarakat yang kerap merasakan dampak banjir. Dirinya pun berharap pembangunan ini dapat segera selesai agar dapat mengatasi banjir di wilayah tersebut.

“Kami tokoh masyarakat sangat mendukung program Pak Wali Kota dalam mengatasi banjir.  Kami berharap pembangunan kolam retensi ini dapat segera selesai agar masyarakat dapat merasakan manfaatnya. Untuk itu kami ucapkan terima kasih kepada Pak Wali Kota Medan Bobby Nasution atas prioritas pembangunan infrastruktur yang telah dilakukan di Medan Labuhan,” sebutnya.

Sedangkan Idayati, warga yang tinggal tepat di depan kolam retensi berharap pembangunan ini dapat segera selesai, apalagi akan dibangun destinasi wisata dan tempat pelaku UMKM.

“Saya berharap pembangunan ini dapat selesai apalagi empat pelaku UMKM yang direncanakan agar dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan saya berharap dapat berjualan disana,”ujarnya

Sebelumnya Camat Medan Labuhan Khairun Nasir menyebutkan bahwa awal pembangunan kolam retensi ini karena Pak Wali Kota memprioritaskan penanganan banjir termasuk di wilayah Medan Labuhan. Dengan memanfaatkan danau Laguna yang dulunya hanya hutan eceng gondok.

“Penanganan banjir merupakan program prioritas pak Wali Kota Medan Bobby termasuk di Kecamatan Medan Labuhan. Apalagi banyak keluhan masyarakat terkait banjir yang didengarkan beliau langsung. Kemudian pak Wali Kota membangun kolam Retensi untuk mengatasi permasalahan tersebut sekaligus menjadikan lokasi tersebut sebagai destinasi wisata,”jelas Camat Medan Labuhan.

Khairun Nasir menambahkan pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan Alhamdulillah mendapat respon yang positif serta mereka mendukung program pembangunan ini.

“Dari awal pembangunan sampai saat ini selesai tahap pertama tidak ada kendala apapun di masyarakat. Mereka sangat mendukung program Pak Wali Kota ini untuk mengatasi permasalahan banjir di wilayah griya martubung,”sebutnya.

Dijelaskan Khairun Nasir, setelah pembangunan tahap pertama yang hampir rampung ini, pembangunan  tahap kedua akan dilanjutkan dengan pembangunan kolam lumpur, jogging track dan tempat pelaku UMKM.

“Sesuai rencana pak Wali Kota di lokasi Kolam Retensi ini akan dijadikan juga sebagai destinasi wisata air dan dibangun juga sarana olahraga jogging track. Selain itu akan ada juga wisata Kuliner yang dapat dinikmati seluruh masyarakat,”ujarnya.

Kemudian Camat Medan Labuhan menghimbau kepada masyarakat untuk dapat mendukung program pembangunan yang dilakukan pak Wali Kota Medan dan menjaga pembangunan infrastruktur yang telah dilakukan.P06

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Email
Print

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

-Lapor Pak  Kapoldasu, tambang ilegal disepanjang Sungai Batang Natal masih beroperasi..

-Bolo: Sikat aja pak, Tentu kita dukung

 

-Masih marak judi, aparat penegak hukum harus beraksi

Jangan Pandang bulu pak, hajar…