Bupati Asahan Hadiri Sosialisasi dan Diseminasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara

Asahan (Portibi DNP): Direktur Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan Brigjen TNI G Eko Sunarto, S.Pdi., M.Si. membuka Sosialisasi dan Diseminasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara yang dilaksanakan Direktorat Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan yang bertempat di Singapure City Hotel Kabupaten Batubara, Rabu (12/06/2024).

Bupati Asahan dalam sambutannya yang disampaikan oleh Kepala Badan Kesbangpol Ahmad Nizar Simatupang, ST.  mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dengan harapan akan terbentuknya sikap mental dan perilaku warga negara yang memiliki kesadaran dan kesanggupan mengaktualisasikan nilai dasar bela negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta terwujudnya Sumber Daya Manusia Indonesia yang memiliki kesadaran dan kemampuan bela negara yang tangguh dalam menghadapi kompleksitas ancaman guna mendukung indonesia maju, bersatu, berdaulat, mandiri dan sejahtera.

Dia menambahkan, bela negara tidak hanya memakai senjata, bisa juga mengunakan pemikiran yang cerdas di semua sektor dan semua lini dalam rangka menjaga kedaulatan, martabat, dan harga diri bangsa, lebih tajam daripada hanya mengandalkan senjata.

“Oleh karena itu, bela negara menjadi kepentingan bagi semua pihak dan serta semua komponen bangsa, “ujar Nizar.

Direktur Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan Brigjen TNI G Eko Sunarto, S.Pdi., M.Si. dalam amanatnya mengatakan ,bahwa Kegiatan Pembinaan Kesadaran Bela Negara yang sedang kita laksanakan saat ini adalah dalam rangka menyebarluaskan Nilai Dasar Bela Negara.

Menurut nya, Bela Negara tidak hanya menjadi tanggung jawab Kementerian Pertahanan RI dan TNI semata, tetapi menjadi tanggung jawab semua dan bersama seluruh Kementerian/Lembaga termasuk Pemerintah Daerah serta seluruh komponen bangsa lainnya.

“Dalam Pasal 27 ayat 3 UUD 1945 mengamanatkan, bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara,” ujarnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Direktur Bela Negara Brigjen TNI Eko Sunarto, Bupati Asahan diwakili Kabankesbangpol, Kajari Asahan diwakili Kasubbag Pembinaan Yosua Parlaungan Lumbantobing, SH, Ketua PN diwakili Nelly, SH, Kepala BNN Andrea Retha Zulhelfi, Spd, MM, Analis Madya Ditjen Pothan Kemhan Kolonel Arm Wahyu Jati, Kolonel Inf Heri Siswanto dan Letkol Inf Hafid Widodo.

Dalam kegiatan ini Direktorat Bela negara Ditjen Pothan Kemhan menyampaikan Nilai-Nilai Dasar Bela Negara, Rencana Induk Pembinaan Kesadaran Bela Negara 2020-2045 guna mewujudkan SDM unggul untuk Indonesia Emas 2045, disampaikan oleh Kasubdit Lingja Dit Bela Negara Ditjen Pothan kemhan, DR. SRM. Indah Permatas S, S.T., M.M.

Selain itu juga para peserta sosialisasi juga mendapat materi tentang Ancaman dan bahaya Narkoba yang disampaikan Kepala BNN Kabupaten Asahan Andrea Retha Zulhelfi, SPd, MM.

Materi Bijak dalam bermedia sosial disampaikan oleh Kabid IKP Diskominfo Provsu Harvina Zuhra, STP, MSi, .dan Materi Kearifan Lokal bentuk Bela Negara disampaikan oleh Kabid Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa Bekesbangpol Provsu Muhammad Andry Simatupang, S.STP, M.Si.

Untuk Sosialisasi ini diikuti 250 peserta terdiri dari Perangkat Desa, para Kades, Para Camat, ASN.

Setelah mengikuti kegiatan sosialisasi, peserta merupakan Kader Bela Negara dan mendapatkan Sertifikat. AR

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Email
Print

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hati hati pak, mantan koruptor yang mainkan peran perpolitikan di Sumut dibelakang layar..

-Bolo: Bah sembunyi di dalam terang, sakitnya tak seberapa, malunya ini .

 

 

-Lapor Pak  Kapoldasu, tambang ilegal disepanjang Sungai Batang Natal masih beroperasi..

-Bolo: Sikat aja pak, Tentu kita dukung

 

-Masih marak judi, aparat penegak hukum harus beraksi

Jangan Pandang bulu pak, hajar…