Bobby Nasution Ajak Masyarakat Jaga Kesucian Ramadan

 

MEDAN (Portibi DNP) :Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution mengajak umat muslim menjaga kesucian bulan Ramadan, termasuk menghindar dari perbuatan yang membatalkan maupun mengurangi pahala berpuasa.

Hal ini disampaikannya dalam Safari Ramadan Pemerintah Kota (Pemko) Medan 1445 H/2024 M di Masjid Al-Huda Kecamatan Medan Amplas, Rabu (20/3/2024) petang.

“Kita tidak tahu… apakah ini Ramadan terakhir kita… berapa sisa Ramadan lagi dalam hidup kita… Maka, untuk menjaga kesucian, kita anggap saja ini Ramadan terakhir kita,” ungkapnya dalam kegiatan yang dihadiri antara lain oleh unsur Forkopimda Medan, segenap pimpinan perangkat daerah, penceramah ustaz Muhammad Yasir Tanjung, Ketua BKM Al-Huda Bambang Suharsono, masyarakat dan anak yatim piatu.

Pada bagian lain, Bobby Nasution mengatakan, peran masjid saat ini harus dikembalikan sebagaimana di masa Rasullah Muhammad SAW. Masa itu, lanjutnya, masjid bukan hanya tempat beribadah, tetapi juga sarana pendidikan dan pengkajian ilmu pengetahuan, pemberdayaan umat dan perekonomian, juga memberikan literasi kepada jamaah.

“Masjid juga dapat memberikan literasi politik, tetapi bukan tempat berpolitik,” ujarnya.

Bobby Nasution menyebutkan, bulan Ramadan ini adalah bulannya belajar. “Praktiknya nanti sebelas bulan kemudian. Kalau satu bulan ini berhasil, insya Allah, sebelas bulan ke depannya akan menjadi pribadi yang berhasil menjalankan perintah dan menjauhkan diri dari larangan Allah.”

Dalam kesempatan itu, Bobby Nasution juga bertanya kepada jamaah apakah terjadi banjir di kawasan tersebut. “Ada nggak yang terkena banjir hari ini? Ada nggak ketimpa pohon? Karena hujan lebat dan angin kencang sekali hari ini,” tanya Bobby Nasution.

Sebagian besar warga menjawab tidak terjadi banjir. Memang, sebut seorang warga, terjadi banjir di kawasan yang berbatasan langsung dengan sungai di Jalan Bajak I, namun pada sore hari air turun. Kendati demikian, Bobby Nasution tetap memerintahkan Camat Medan Amplas menindaklanjuti informasi yang disampaikan warga tersebut.

Saat itu, Bobby Nasution juga mendapatkan laporan langsung dari masyarakat bahwa harga kebutuhan pokok sudah turun. Dia pun mengingatkan warga agar berbelanja di pasar murah yang digelar Pemko Medan.

Dalam Safari Ramadan ini, Bobby Nasution menyalurkan bantuan Pemko Medan untuk renovasi Masjid Al-Huda sebesar Rp50 juta.

Selain itu, dia juga menyerahkan menyerahkan bantuan paket Ramadan senilai Rp10 juta, tenis meja, buku beserta rak buku, dan bantuan budi daya ikan dalam ember serta bibit cabe.

Selain menyerahkan bantuan Pemko Medan, dalam Safari Ramadan itu Bobby Nasution salat Magrib berjamaah dan berbuka puasa dengan warga.P06

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Email
Print

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wak Ajo, kalo cari makan jangan maju Kalilah..

Bolo: Iya pula, yang bagus bagus aja lah..

 

 

 

Setelah sebulan berpuasa menahan nafsu dan lapar serta dahaga, saatnya kembali fitri


Bolo : kembali suci, silaturahmi antar sesama dan khususnya Sang Pencipta 

 

Mohon dimaafkan segala khilaf baik disengaja maupun tidak


Bolo : maaf untuk semua..