Asmum Setda Kota Medan Ikuti Rapat Koordinasi Inspektur Daerah Seluruh Indonesia Tahun 2023 Secara Virtual

MEDAN (Portibi DNP) : Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Setda Kota Medan Ferri Ichsan mengikuti rapat koordinasi Inspektur Daerah seluruh Indonesia tahun 2023 secara virtual dari ruang Command Center Kantor Wali Kota Medan, Rabu (25/1/2023).

Rapat koordinasi ini dibuka langsung oleh Mendagri Tito Karnavian. Dalam arahanya Mendagri mengatakan rapat koordinasi ini merupakan tindak lanjut dari rapat kerja bersama Forkopimda yang di pimpin oleh Presiden RI Joko Widodo beberapa waktu yang lalu.

Dalam rapat kerja tersebut beberapa point menjadi atensi Presiden Joko Widodo salah satunya masalah pertumbuhan ekonomi yang harus tetap dijaga ditengah ketidakpastian situasi global saat ini.

“Pertumbuhan ekonomi salah satunya didukung oleh anggaran dan belanja Pemerintah, karena itu Pemda harus betul-betul memastikan agar belanja Pemerintah efisien dan tetap sasaran,”kata Mendagri.

Untuk itu Mendagri meminta agar Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) harus betul-betul melakukan pengawasan terhadap anggaran yang digunakan.

“Teman-teman APIP yang ada di daerah harus betul-betul melakukan pengawasan terhadap anggaran yang digunakan tujuannya agar semakin banyak uang yang beredar di masyarakat,” Ujar Mandagri.

Dalam rapat koordinasi ini juga dilakukan penandatanganan MOU antara Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dan Aparatur Penegak Hukum (APH).

Usai mengikuti rapat koordinasi bersama Mendagri tersebut, Asisten Administrasi Umum Setda Kota Medan Ferri Ichsan mengatakan rapat ini bertujuan agar lebih mensinergikan antara APIP dan APH.

Apalagi sebelumnya Wali Kota Medan Bobby Nasution juga telah menekankan agar fungsi APIP lebih ditingkatkan sebagai pengawasan di internal Pemerintah Daerah.

“Pak Wali juga sudah menekankan agar fungsi APIP ini lebih ditingkatkan sehingga dapat melakukan pengawasan dari awal jalanya Pemerintah.”kata Ferri Ichsan.

Dengan adanya MOU antara APIP dan APH ini, Ferri Ichsan berpendapat langkah ini sangat baik untuk menyelaraskan dan memperkuat fungsi APIP apabila terjadinya pelanggaran. Untuk itu kedepannya kompetensi dan jumlah dari personil APIP yang ada saat ini harus lebih ditingkatkan lagi.

“Kita berharap dengan adanya MoU ini fungsi APIP semakin berjalan lebih baik sehingga tidak ada keraguan bagi Pemda dalam menjalankan fungsinya memberikan pelayanan kepada masyarakat,” harap Ferri Ichsan yang mengikuti rapat koordinasi secara virtual tersebut bersama dengan Kajari Belawan Nusirwan Sahrul,SH.MH.P06

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Email
Print

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

-Lapor Pak  Kapoldasu, tambang ilegal disepanjang Sungai Batang Natal masih beroperasi..

-Bolo: Sikat aja pak, Tentu kita dukung

 

-Masih marak judi, aparat penegak hukum harus beraksi

Jangan Pandang bulu pak, hajar…